PT Timah Incar Mitra Asing untuk Pengolahan Logam Tanah Jarang

Muhamad Fajar Riyandanu
3 September 2022, 16:31
PT Timah, logam, pertambangan
PT Timah Tbk

PT Timah Tbk tengah menjajaki kemitraan dengan beberapa perusahaan asing dan melakukan studi pengolahan Logam Tanah Jarang atau LTJ. Sekretaris perusahaan dengan kode saham TINS tersebut, Abdullah Umar Baswedan mengatakan penjajakan dilakukan kepada perusahaan yang ingin mentransfer teknologi dan membuat pabrik pengolahan LTJ di Tanah Air.

Meskipun begitu, Abdullah masih enggan membeberkan perusahaan mana saja yang tengah dijajaki. Pihaknya masih menunggu kepastian dan kesepakatan kerja sama untuk mengumumkan identitas mitranya tersebut. 

"Kami tidak bisa menyebutkan, karena ada beberapa, lebih dari satu perusahaan. Perusahaan asing salah satunya dari Kanada," kata Abdullah saat ditemui wartawan, Jumat (2/9).

Abdullah menjelaskan, PT Timah kerap menemukan mineral ikutan dalam proses produksi timah seperti ilmenit, senotim, monasit, rutile, zirkon, dan beberapa mineral lainnya. Dari sekian jenis LTJ yang terbawa dalam proses produksi timah, monasit menjadi yang paling sering dijumpai.

"Jumlahnya tergantung dari berapa material yang kami ambil. Kalau kami mengambil dan produksi timahnya makin banyak, maka mineral ikutannya makin banyak. Tapi persentasenya kecil," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa LTJ memiliki nilai jual cenderung rendah, selama belum diolah ke produk jadi seperi bahan baku industrial, magnet, pelapis kendaraan tempur, cat berpendar sampai baterai nuklir. "LTJ memang tidak bisa dijual karena nilainya kurang menarik. Nah, kami perlu teknologi untuk (memproses menjadi produk) itu dari perusahaan asing yang mau transfer teknologi dan bangun pabrik di Indonesia," kata Abdullah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...