Survei Capres: Elektabilitas Ganjar Stagnan, Prabowo Menguat

Intan Nirmala Sari
26 Maret 2023, 14:50
capres 2024
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama relawan Jokowi Mania memberikan keterangan usai pertemuan di Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Dalam pertemuan tersebut Dewan Pimpinan Pusat Jokowi Mania (Joman) menyampaikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sekaligus mendeklarasikan pembentukan organsasi masyarakat Prabowo Mania 08.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia per Maret 2023 masih menempatkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. Menyusul nama lainnya seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di peringkat tiga teratas. 

Dalam simulasi 34 nama semi terbuka terhadap calon presiden, Ganjar masih menjadi calon yang paling banyak dipilih, yakni 30,8%. Sedangkan Prabowo dan Anies, masing-masing memperoleh 21,7%. Adapun Ridwan Kamil mendapat 6,3%, dan calon-calon lainnya kurang dari 2%. 

"Elektabilitas Ganjar cenderung stuck, Prabowo mulai naik lagi atau rebound, sedangkan Anies justru mengalami pelemahan usai mendapatkan dukungan partai," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparan survei, Minggu (26/3). 

Indikator Politik Indonesia juga menilai akan sulit untuk menggeser tiga nama Capres 2024 tersebut. Hal itu karena, ketiganya memiliki tingkat kepopuleran atau dikenal besar oleh masyarakat, serta memiliki basis geografis yang besar. 

Adapun nama Ganjar cukup dikenal di kalangan masyarakat Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya. Sedangkan untuk Prabowo secara geografis dikenal cukup besar, sementara Anies dikenal di DKI Jakarta. 

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia periode Februari 2023 hingga Maret 2023, tren elektabilitas Prabowo mengalami rebound atau peningkatan setelah sempat mengalami penurunan di awal 2023.

"Efek endorsment Jokowi cukup besar dan berefek, sedangkan ke Ganjar tidak terlalu," kata Burhanuddin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...