Ada Ledakan Kasus Covid-19, Permintaan Telemedicine dan Vaksin Naik

Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 34.379 kasus baru bertambah dalam sehari, Rabu (7/7). Secara akumulatif kasus positif Covid-19 hari mencapai 2,37 juta kasus.
Image title
7 Juli 2021, 18:28
Petugas kesehatan mengambil vaksin COVID-19 AstraZeneca sebelum disuntikkan di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca b
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan mengambil vaksin COVID-19 AstraZeneca sebelum disuntikkan di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021).

Startup layanan kesehatan Good Doctor mencatatkan peningkatan permintaan layanan telemedicine sebesar enam kali lipat dalam sebulan terakhir. Lonjakan tersebut terjadi untuk layanan pendaftaran vaskinasi sejak kasus Covid-19 melonjak.

Head of Medical Management Good Doctor Adhiatma Gunawan mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 membuat fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik menjadi penuh. Alhasil, banyak masyarakat yang memilih mendapatkan layanan kesehatan dari platform telemedicine.

"Peningkatan layanan hingga enam kali lipat untuk jumlah konsultasi yang masuk. Ini menjadi cermin bahwa kasus Covid-19 di luar sudah sangat tinggi," kata Adhitama kepada Katadata.co.id, Rabu (7/7).

Di samping itu, layanan telemedicine untuk konsultasi terkait keluhan Covid-19 maupun keluhan penyakit lainnya ikut mengalami peningkatan. Diikuti, layanan penyediaan obat yang juga meningkat, serta layanan vaksinasi.

Advertisement

"Sudah lebih dari 50.000 orang yang mendaftar vaksinasi melalui Good Doctor," ujar Adhitama.

Hingga saat ini, layanan vaksinasi melalui Good Doctor sudah menyasar pada kelompok masyarakat yang lebih luas lagi. Sebelumnya, layanan cenderung diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, masyarakat lanjut usia (lansia), dan pelayan publik.

Adapun jangkauan wilayah vaksinasi turut diperluas dan tidak terbatas hanya Jawa dan Bali saja. Good Doctor saat ini juga menyediakan layanan vaksinasi di Sumatera dan Kalimantan.

Startup kesehatan lainnya Halodoc juga menyediakan layanan vaksinasi. "Masyarakat yang sudah kami fasilitasi vaksinasi Covid-19, hampir mencapai 250 ribu orang," kata VP Government Relations dan Corporate Affairs Halodoc Adeline Hindarto kepada Katadata.co.id, Selasa (6/7).

Per April, Halodoc telah menyediakan layanan vaksinasi di enam lokasi. Keenamnya ada di Sumatera, Surabaya, Bogor, dan Yogyakarta. Setiap harinya, Halodoc bisa melayani vaksinasi hingga 1.500 orang.

Sementara itu, kasus Covid-19 terus melonjak dan terus menyentuh rekor tertinggi. Hari ini (7/7) sebanyak  34.379 kasus bertambah dalam sehari. Alhasil, akumulatif kasus positif di Indonesia naik 2,37 juta kasus. Bahkan, kasus kematian terus bertambah sebanyak 1.040 orang sore ini.

Berdasarkan data Worldometers, penambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia hari ini berpotensi jadi yang tertinggi di dunia. Sedangkan di India hari ini hanya bertambah 769 kasus baru, padahal kemarin angka pertambahannya mencapai 34.067 kasus. 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait