7 Langkah Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Untuk menghapus akun Instagram secara permanen tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, simak penjelasan di bawah ini.
Image title
9 Agustus 2021, 23:32
Menghapus Akun Instagram Permanen, instagram,
cloudlynx/pixabay
Ilustrasi media sosial Instagram yang dapat diakses melalui ponsel dan komputer

Instagram menjadi aplikasi media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Pengguna dari media sosial bersimbol kamera ini mayoritas adalah kaum milmenial. 

Berdasarkan data yang dihimpun Databoks, sebanyak 58% responden berusia 13 tahun sampai 15 tahun merupakan pengguna aktif aplikasi Instagram. Media sosial ini banyak digunakan karena memiliki berbagai layanan dan fitur menarik. Meskipun begitu, ada juga pengguna Instagram yang ingin menghapus akun miliknya secara permanen.

Alasan dibalik keputusan tersebut tentu saja berbeda-beda. Misalnya saja, karena ingin mengganti dengan akun yang baru atau mungkin karena akun milikinya di retas, sehingga perlu untuk dihapus agar tidak membahayakan keamanan data di akun tersebut. Untuk menghapus akun Instagram secara permanen caranya tidaklah sulit. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Langkah-langkah Mengahapus Akun Instagram Permanen

Untuk menghapus akun instagram secara permanen, Anda perlu mengakses web instagram. Artinya, anda tidak perlu menggunakan aplikasi Instagram untuk menghapus akun secara permanen. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan akun tersebut selamanya. Berikut penjelasannya.

Advertisement
  1. Buka terlebih dahulu Instagram web di Instagram.com pada browser yang biasa Anda gunakan.
  2. Pada tab lain, Anda bisa membuka link Instagram/account.remove.request/permanent.
  3. Penting bagi Anda untuk login ke akun yang akan dihapus tersebut.
  4. Pilih opsi dari menu pilihan yang berada di samping “Mengapa Anda menghampus akun Anda”.
  5. Setelah itu, masukkan kata sandi dari akun yang hendak dihapus.
  6. Anda juga wajib memilih alasan mengapa ingin menghapus akun tersebut. Jika alasan belum dipilih, maka opsi untuk hapus akun tidak akan muncul.
  7. Klik opsi “Hapus (nama pengguna)” dan akun Instagram tersebut akan langsung hilang untuk selamanya.

Cara Mengunduh Data Dari Akun Instagram

Adapun beberapa konsekuensi yang akan Anda terima usai menghapus akun instagram yaitu, kehilangan seluruh data di akun tersebut, termasuk foto dan video yang pernah diunggah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mengunduh data dari akun Instagram terlebih dahulu sebelum akhirnya menghapus akun tersebut. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengunduh semua data yang ada di akun tersebut, berikut penjelasannya:

  1. Buka Instagram melalui aplikasi di telepon seluler (ponsel) atau melalui Instagram web.
  2. Kemudian, buka pengaturan atau setting dengan ikon gear.
  3. Klik opsi Privacy & Security.
  4. Kemudian klik Data Download dan Request Download.
  5. Masukkan alamat email yang Anda miliki. Selanjutnya,  Instagram akan mengirimkan link untuk download data dari akun tersebut. Ikuti link tersebut dengan memasukkan password akun Instagram yang Anda miliki.
  6. Link akan dikirimkan setelah 48 jam.
  7. Setelah masuk ke link tersebut, ada bisa klik Download Data.
  8. Terakhir, seluruh data akan terunduh dan Anda bisa menyimpan data tersebut sebagai kenang-kenangan.

Nah, sekarang Anda sudah memahami cara menghapus akun instagram secara permanen. Pastikan sebelum menghapus akun tersebut, Anda telah mengunduh seluruh data dari akun itu agar tidak kehilangan seluruh kenangan yang ada di akun tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait