Gaet Summits, Anak Usaha Bank Mandiri Bakal Danai Startup di Korea

Image title
24 Juni 2021, 19:59
Bank Mandiri
KATADATA
Bank Mandiri

Berkolaborasi dengan Summits, Mandiri Capital Indonesia (MCI) bakal memperluas penetrasi ke Korea Selatan (Korsel). Melalui Summits, anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tersebut akan memperluas jaringan komunikasi dan investasi di Negeri Gingseng.

CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengatakan, pihaknya ingin menemukan perusahaan-perusahaan teknologi Korea yang unggul. “Kami akan terbuka membantu para startup tersebut nantinya,” kata Eddi dalam keterangan resminya, Kamis (24/6).

Sebagai informasi, MCI merupakan perusahaan modal ventura. Fungsi perusahaan yakni bertindak sebagai pusat inovasi antara Grup Mandiri dan perusahaan rintisan (startup) dalam mengembangkan sinergi perencanaan dan inistiatif.

MCI membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di dalam industri finansial. Selain itu, MCI juga menginvestasikan modal pada startup yang menjanjikan dengan insiatif sinergi yang kuat.

Berdiri sejak 2015, MCI telah berinvestasi di banyak sektor teknologi finansial (fintech) multi vertikal, dari pembayaran, peminjaman, penasihat keuangan, dan perusahaan kecil menengah.

Begitu juga dengan penyedia teknologi finansial seperti MTI/Yokke, LinkAja, PTEN, Investree, Amartha, Koinworks, Crowde, Gojek, Cashlez, Mekari, PrivyID, Halofina, iSeller, dan Bukalapak.

Selain itu, MCI juga berencana memperluas investasi ke multi sektor di berbagai negara. Salah satunya adalah startup di Korea. Bahkan, melalui kesepakatan tersebut, MCI bisa mendapatkan akses ke perusahaan Korsel melalui Summits. Termasuk perusahaan terkait revolusi industri ke-4, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), rantai blok (blockchain), kendara tanpa awak (autonomous driving), dan maha data (big data).

CEO Summits Cho Gyung-hoon menyampaikan, kontrak kerja sama dengan MCI merupakan revolusi industri ke-4 yang berkaitan dengan startup fintech. Perusahaan asal Korsel tersebut juga bisa memasuki pasar Indonesia melalui Mandiri Capital. "Investor Korea juga bisa menemukan kesempatan berinvestasi yang potensial di Indonesia melalui ASEANPATH TV,” katanya. 

Dengan kesepakatan ini, perusahaan fintech dan investor institusional asal Korea dapat mengajukan proposal investasi ataupun kerja sama kepada MCI melalui Summits Co., Ltd yang telah membangun tumpuan institusi finansial Korea ke Indonesia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait