DPR Pilih 9 Komisioner Komnas HAM, Begini Rekam Jejaknya

Ade Rosman
3 Oktober 2022, 16:16
DPR pilih komisioner komnas HAM
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Solidaritas Mahasiswa Untuk Rakyat (SMUR) melakukan aksi di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Senin (5/9/2022).

Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat hari ini memilih 9 nama yang akan duduk sebagai Komisioner Komisi Nasional HAM untuk periode 2022-2027. Pemilihan dilakukan dalam rapat pleno yang digelar Senin (03/10).

Wakil Ketua Komisi III Pangean Khairul Saleh mengatakan pemilihan dilakukan setelah para calon mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang dibagi dalam dua tahap. Sebanyak 12 orang menjalani seleksi pada Jumat (30/9), dan dua lainnya hari ini.

"Dari 14 calon anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 yang mengikuti uji kelayakan, sembilan fraksi di Komisi III DPR sepakat memilih sembilan nama," ujar Khairul seperti dikutip dari Antara.

 Adapun kesembilan nama yang terpilih adalah Atnike Nova Sigiro (Ketua), Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian, dan Uli Parulian Sihombing. Ia menyatakan pemilihan kesembilan nama dilakukan secara musyawarah mufakat oleh sembilan fraksi.

“Kami tidak menggunakan mekanisme pemungutan suara atau voting,” ujar Khairul.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon. Lima nama yang tidak terpilih adalah Amiruddin, Antonio Pandjasto Hardojo, Beka Ulung Hapsara, Chrisbiantoro, dan Rita Serena Kalibonso.

Pada saat pelaksanaan uji kelayakan, Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menyatakan Komnas HAM butuh penyegaran. Terutama berkaitan dengan perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia (PMI). Dia menilai penindakan untuk pengentasan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) masih bersifat parsial sehingga keberpihakan terhadap perlindungan buruh migran belum maksimal.

Pekerjaan lain yang perlu menjadi perhatian Komnas HAM disampaikan oleh Politisi Partai Persatuan Pembangunan Cucun Ahmad Sjamsurijal. Ia menilai selama ini Komnas HAM kurang memperbaharui data terkait konflik agraria yang dihadapi masyarakat.

"Ketika mengawal advokasi suatu kasus, sejauh mana integritas Komnas HAM. Banyak konflik agraria yang disebut penanganan-nya lemah dan lembek," ucapnya. 

 Berikut Profil 9 Komisioner Komnas HAM 2022-2027 

1. Atnike Nova Sigiro (Ketua)

Direktur Jurnal Perempuan ini sering menyoroti berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan, serta mengkritisi kebijakan publik dari sudut pandang perempuan.
Selain itu, ia juga berpengalaman mengajar Universitas Paramadina dan juga Advisory Board Lokataru Foundation pada 2017.

2. Abdul Haris Semendawai

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia ini pernah dua kali menjabat sebagai ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Republik Indonesia, pada 2008-2013 serta 2013-2018.

Sebelumnya, ia tergabung dalam Lembaga Kajian Hak-Hak Masyarakat (Lekhat) Yogyakarta, bergabung dengan ELSAM (Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat) sebagai pengacara, pernah juga menjabat sebagai Wakil Direktur ELSAM di bidang Program, Koordinator Divisi Capacity Building TAPAL Jakarta, selanjutnya bergabung menjadi Anggota LPSK periode 2008-2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...