BEI Sebut Dana Asing Tembus Rp72 T, Ini Daftar Saham yang Diborong

Ira Guslina Sufa
16 Oktober 2022, 12:05
Investor Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Bursa Efek Indonesia mencatat sepanjang 2022 jumlah dana asing yang masuk mencapai Rp72 triliun. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah pasar modal Tanah Air. 

“Kami berharap angka Rp72 T ini bisa sustain. Bisa  sampai akhir tahun dan kalau memungkinkan bisa lebih meningkat,” ujar Kepala Divisi Riset BEI Verdi Ikhwan seperti dikutip Minggu (16/10) 

Menurut Verdi, besarnya jumlah dana asing yang masuk ke pasar modal merupakan bentuk kepercayaan investor asing pada pasar Indonesia. Meski begitu, sesuai arahan Presiden Joko Widodo capaian ini harus pula memberikan dampak luas pada masyarakat. 

Besarnya aliran dana asing yang masuk ke Bursa, menurut Verdi juga dibarengi dengan peningkatan jumlah investor ritel di pasar modal. Saat ini jumlah total jumlah investor di pasar modal mencapai 9,8 juta. Dari jumlah itu sebanyak 4,2 juta merupakan investor saham. Angka ini naik signifikan dibanding jumlah investor saham pada 2019 yang hanya 1,1 juta investor. 

Direktur Eksekutif JP Morgan Securities Indonesia, Henry Wibowo mengatakan pasar Indonesia merupakan salah satu market terbaik di Asia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan outperform sekitar 30 persen dibandingkan dengan pasar Asia dan emerging market lain yang justru mengalami penurunan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...