Forum B20: Kadin Catat Lebih dari 20 Perjanjian Bernilai US$ 5 Miliar

Andi M. Arief
11 November 2022, 11:38
Kadin
B20Indonesia.org
B20 Indonesia Chair Shinta Kamdani membuka pertemuan pertama forum B20 di Jakarta, Kamis (27/1).

Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin menyebutkan lebih dari 20 perjanjian investasi akan ditandatangani selama pelaksanaan Forum Investasi B20 di Bali. Perjanjian tersebut akan dialokasikan untuk hilirisasi industri di dalam negeri. 

Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Shinta W. Kamdani mengatakan nilai perjanjian investasi yang akan ditandatangani hari ini lebih dari US$ 5 miliar. Investasi tersebut akan memperkuat rantai pasok global dengan pendekatan yang lebih mudah dilacak dan lebih kredibel. 

"Minggu ini kami menawarkan proof of concept yang nyata bahwa investasi dan bisnis berkelanjutan dapat terjadi. Selain itu, acara ini menawarkan peluang untuk berkolaborasi menjalani dekarbonisasi," kata Shinta dalam Indonesia Net Zero Summit 2022, Jumat (11/11).

Shinta mencatat pertemuan hari ini akan melibatkan partisipan dari 18 negara di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Australia, dan negara-negara i Uni Eropa. Kegiatan melibatkan 60 pembicara dan lebih dari 1.000 delegasi dari 21 negara. 

Menurut Shinta, forum investasi B20 akan memastikan apakah peluang investasi saat ini telah merespon transformasi bisnis masa depan. Transformasi yang dimaksud adalah perubahan pola pikir pelaku industri dalam menuruti tuntutan konsumen untuk melakukan bisnis dengan cara berkelanjutan. 

Shinta menyebutkan Kementerian Investasi akan meluncurkan panduan investasi berkelanjutan pada Forum Investasi B20. Menurutnya, panduan tersebut akan menjadi tulang punggung pelaku bisnis di dalam negeri dan perjalanan investasi Indonesia pada masa depan. 

Usai acara, Shinta menyampaikan Kadin akan memastikan investasi berkelanjutan menjadi agenda terdepan negara-negara anggota G20. Hal tersebut akan dilakukan selama B20 Summit berlangsung pada 13-14 November 2022. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...