Begini Pesan Anne Hathaway untuk Pemerintah dan Pebisnis di Forum B20

Ira Guslina Sufa
14 November 2022, 15:53
Anne Hathaway
Instagram B20 Indonesia 2022
Anne Hathaway

Duta Persahabatan Organisasi Perempuan Perserikatan Bangsa-bangsa atau UN Women, Anne Hathaway menyatakan pentingnya penghormatan atas hak perempuan. Menurut Anne partisipasi perempuan merupakan kekuatan besar untuk kemajuan suatu bangsa. 

“Saya yakin Anda mengetahui bukti yang menunjukkan secara meyakinkan bahwa kesetaraan antara perempuan dan laki-laki membuat kita semua lebih aman, lebih bahagia, lebih sejahtera, dan lebih sukses,” ujar Anne saat memberikan pidato dalam B20 Indonesia Summit, Bali (14/11). 

Advertisement

Menurut Anne perjuangan atas kesetaraan perempuan dalam berbagai bidang tidaklah mudah. Dengan situasi hari ini, ia memperkirakan kesetaraan perempuan baru bisa terwujud setelah 300 tahun. Ia menyebut, sampai hari ini masih banyak praktik ketidaksetaraan yang dialami perempuan di berbagai bidang. 

“Saya harap kita semua setuju bahwa ini terlalu lama tiga abad [untuk mewujudkan kesetaraan],” ujar Anne. 

Ia menyatakan komitmen untuk mewujudkan kesetaraan perempuan perlu terus diperjuangkan. Berbagai hambatan yang disebabkan oleh krisis global dan pandemi, menurut Anne menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama. Apalagi, pandemi telah memberikan dampak lebih berat kepada perempuan karena perempuan menjadi kelompok yang paling banyak terdampak. 

Menurut Anne, selama pandemi ada banyak perempuan yang dipaksa untuk meninggalkan pekerjaan dengan alasan harus bertanggung jawab untuk mengurus rumah tangga. Di sisi lain, pekerjaan perempuan mengurus rumah tangga dianggap masih sebagai pekerjaan domestik yang tidak bernilai. 

Anne melanjutkan, selama pandemi banyak perempuan yang harus menginvestasikan waktu untuk merawat anggota keluarga. Perempuan juga telah menghibahkan lebih dari 512 miliar jam waktu selama pandemi untuk memberi perawatan di rumah tanpa dibayar. 

“Kenyataannya adalah setiap orang akan membutuhkan perawatan di beberapa titik dalam hidup mereka. Namun kita juga harus menyadari kenyataan bahwa cara perawatan yang diberikan dan dihargai saat ini tidak adil dan tidak sesuai,” ujar Anne. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement