DPR Minta OJK Usut Kasus Pinjol yang Jerat Ratusan Mahasiswa IPB

Ade Rosman
16 November 2022, 17:27
DPR Pinjol
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.
Sejumlah anak membaca bersama di dekat dinding bermural di kawasan Tempurejo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah segera mengusut kasus pinjaman online yang menjerat ratusan mahasiswa Institute Pertanian Bogor. Menurut Sufmi, kasus pinjaman online sudah berulang kali terjadi sehingga perlu penanganan serius. 

"Saya pikir sikap DPR sudah jelas dari dahulu ya, pinjol ini harus diusut," kata Sufmi di Kompleks Parlemen, Rabu (16/11).

Ia meminta agar komisi teknis terkait melakukan kajian terkait kasus tersebut. Selain itu ia juga mengimbau agar aparat penegak hukum untuk melakukan pemberantasan terhadap pinjaman online ilegal.

"Kami mengimbau kepada aparat penegak hukum, dan meminta kepada Kapolri serta OJK tentunya, supaya pinjol ini segera ditertibkan,”  kata Sufmi lagi.

Sebelumnya, seperti diberitakan Antara, Polresta Bogor Kota telah menerima dua laporan resmi dan 29 laporan pengaduan dari 311 mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB). Para mahasiswi mengaku terjerat pinjaman online (pinjol) akibat ingin investasi di salah satu akun toko online dengan iming-iming keuntungan 10 persen namun tidak menerimanya sesuai janji.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...