Cerita Puan Soal Megawati - SBY Duduk Semeja di G20, Ini yang Dibahas

Ade Rosman
17 November 2022, 14:38
Megawati
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani (kiri) didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) menyampaikan keterangan saat jumpa pers Kickoff Meeting P20 di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani buka suara soal momen saat dirinya duduk satu meja dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri serta Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat gala dinner KTT G20, Selasa (15/11) lalu. 

Menurut Puan, suasana malam itu terasa santai. Para tokoh yang hadir saat itu terlihat menikmati suasana. Menurut Puan bahasan yang dibahas para tokoh saat itu tidak berkaitan dengan politik terkini Tanah Air tetapi lebih membahas hal santai. 

"Gak ada hal-hal terkait dengan politik. Kalau di meja besarnya ya, saya gak tahu kalau kemudian secara sendiri-sendiri bicara soal politik, karena saya gak mendengar bicara tentang politik," kata Puan di Kompleks Parlemen, Kamis (17/11).

Puan mengatakan, pada kesempatan tersebut baik Mega maupun SBY lebih banyak membahas hal-hal yang bersifat kekeluargaan. Mereka pun lebih banyak bertanya tentang kabar dan mengungkapkan kesan setelah lama tidak bertemu. 

"Jadi pembicaraan itu lebih terkait dengan hal-hal bersifat kekeluargaan, (seperti) 'udah lama tidak ketemu', 'ngapain saja', 'sehat-sehat kah'," kata Puan.

Lebih jauh, Puan mengatakan suasana pertemuan pertama setelah munculnya pandemi Covid-19 tersebut berjalan dengan hangat. 

"Alhamdulillah cukup sejuk, dan saya sendiri yang hadir pada kesempatan itu melihat bahwa mungkin setelah Covid baru pertama kali ini seluruh tokoh bangsa itu bisa berkumpul dalam satu meja, untuk sama-sama mendukung G20," ujar Puan lagi.

Pada kesempatan tersebut, selain duduk bersama dua mantan presiden Indonesia, dalam meja yang sama, ada pula mantan wakil presiden Jusuf Kalla, mantan wakil presiden Try Sutrisno, serta mantan wakil presiden Hamzah Haz. Para pemimpin bangsa hadir di gala dinner yang juga dihadiri para kepala negara G20 dan pemimpin lembaga dunia. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...