Pengesahan RUU KUHP Diwarnai Interupsi, Sufmi Potong Pernyataan PKS

Ade Rosman
6 Desember 2022, 12:04
RUU KUHP
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Aliansi Nasional Reformasi KUHP menggelar aksi penolakan pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dengan tabur bunga di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin, (5/12).

Pengesahan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau RUU KUHP di Dewan Perwakilan Rakyat hari ini sempat diwarnai interupsi. Usai Ketua Komisi Hukum Bambang Wuryanto menyampaikan laporan, Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera menyampaikan interupsi. 

Saat diberi kesempatan bicara, Iskan Qolba mengatakan fraksi PKS masih memiliki dua catatan terhadap Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang akan disahkan menjadi Undang-undang. Menurut Iskan, PKS menyoroti pasal 240 tentang penghinaan terhadap lembaga negara serta pasal 218 mengenai pasal penghinaan presiden. Dua pasal ini dinilai merupakan bentuk kemunduran demokrasi. 

"Tiba-tiba pasal ini akan mengambil hak-hak masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya, pasal ini akan dipakai oleh pemimpin-pemimpin yang akan datang," kata Iskan, saat rapat Paripurna DPR, Selasa (6/12).

Pada saat Iskan sedang menyampaikan catatan dari fraksi PKS tersebut, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang memimpin jalannya sidang memotong pembicaraan. Sufmi mengatakan bahwa fraksi PKS telah menyetujui dengan catatan perihal RUU tersebut.

"Baik kalau begitu catatan sudah kami terima. Fraksi PKS sudah sepakat, dengan catatan," kata Dasco, memotong Iskan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...