Argentina Juara! Ini 7 Fakta Penting Final Piala Dunia 2022

Pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis menjadi perebutan trofi piala dunia ketiga untuk kedua tim.
Ira Guslina Sufa
19 Desember 2022, 06:37
Argentina juara piala dunia 2022
FIFA Worldcup 2022
Argentina juara piala dunia 2022

Pertandingan puncak pada final piala dunia 2022 telah berlangsung di stadion Lusail Qatar pada Minggu (18/12) malam. Pada laga yang mempertemukan dua raksasa sepakbola dunia Argentina dan Prancis itu, tim Tango berhasil menang setelah melewati drama adu penalti dengan skor 4-2. 

Partai puncak antara Argentina vs Prancis menjadi penutup yang luar biasa untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini menjadi pelengkap sanjungan dari Presiden FIFA Gianni Infantino yang sebelumnya telah menyebut Piala Dunia Qatar merupakan pertandingan terbaik sepanjang penyelenggaraan piala dunia. 

Argentingan menunjukkan tajinya sebagai legenda sepakbola dunia. Sedangkan Prancis, sebagai juara Piala Dunia 2018 juga menunjukkan kelasnya sebagai pemenang yang tak mudah tunduk begitu saja. 

Pada babak pertama, tim Argentina mencuri keunggulan dengan dua gol beruntun melalui tendangan penalti dari Lionel Messi dan Angel Maria. Namun Prancis tak menyerah mudah. Pada babak kedua, saat Argentina sudah di atas angin, tim Ayam Jantan berhasil menyamakan kedudukan melalui dua gol dari kaki Kylian Mbappe.

Skor imbang memaksa kedua tim lanjut ke babak perpanjangan waktu. Di babak ini, Messi kembali membuat Argentina unggul lebih dulu. Namun Mbappe tak mau ketinggalan menunjukkan kelasnya sebagai pemain bintang dengan menyamakan skor menjadi 3-3. Pertandingan pun harus berlanjut ke babak adu penalti. 

Babak adu penalti menjadikan malam final milik Argentina dengan keunggulan 4-2. Kemenangan ini diperoleh setelah dua eksekutor Prancis gagal menyarangkan bola ke gawang Argentina sehingga kemenangan menjadi milik Piala Dunia 2022. 

Pertandingan antara Argentina dan Prancis di final Piala Dunia 2022 menjadi pertandingan yang luar biasa. Berikut 7 fakta penting dari duel Argentina vs Prancis. 

1. Perebutan Juara Dunia Ketiga Argentina vs Prancis

Bagi timnas Argentina maupun Prancis, pertandingan final pada Minggu malam merupakan pertandingan untuk memperebutkan trofi ketiga Sebelumnya timnas Argentina telah lima kali masuk ke babak final dengan dua kali menjadi juara. 

Argentina masuk ke final pada 1930, 1978, 1986, 1990, 2014, dan 2022. Mereka menjadi juara pada 1978 dan 1986 di Meksiko. Kemenangan melawan Prancis dengan skol 4-2 melalui adu penalti membuat Argentina menjadi juara piala dunia untuk ketiga kalinya. 

Sedangkan bagi Prancis, pertandingan melawan Argentina mengandaskan mimpi untuk membawa pulang trofi ketiga, Prancis sebelumnya menjadi pemenang pada Piala Dunia 1998 dan 2018. Prancis sudah empat kali masuk final yakni pada 1998, 2006, 2018, dan 2022. Pada 2018 Prancis menang setelah menaklukkan Kroasia di babak final. 

Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup
Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup (FIFA WOrld Cup)

 

2. Piala Dunia Terakhir Lionel Messi. 

Bagi striker sekaligus pemain bintang Argentina Lionel Messi final melawan Prancis menjadi pertandingan terakhir di Piala Dunia. Saat ini usianya sudah memasuki 35 tahun sehingga kans untuk tampil di Piala Dunia 2026 sangat kecil. 

Penampilan cemerlang pada laga melawan Prancis merupakan pertandingan terakhir yang indah buat Messi. Pemenang Ballon D’Or itu pun menyatakan rasa puasnya atas penampilan apik.  

"Saya bangga bisa menyelesaikan perjalanan Piala Dunia saya bermain di final ini. Apa yang saya alami sangat menyenangkan,” ujar Messi seperti dikutip dari Diario Deportivo Ole.

3. Duel Para Bintang 

Laga final Argentina vs Prancis menjadi partai puncak yang membuat suporter seluruh dunia harus meneguhkan kembali keyakinan mengenai prinsip bola itu bundar. Kejutan Prancis dengan berhasil menyamakan kedudukan di paruh kedua pertandingan dengan dua gol sekaligus memberi kejutan dan semangat luar biasa kepada para suporter. Pertandingan kelas dunia telah terjadi. 

Tidak hanya sebagai sebuah pertandingan, laga Argentina vs Prancis menjadi hiburan yang memacu adrenalin para pecinta bola dengan suguhan gol indah dari para pemain bintang. Para pemain bintang di kedua tim menunjukkan kelasnya. Selama laga Messi mencetak dua gol sementara Kylian Mbappe mengemas hattrick.

Laga pamungkas Argentina vs Prancis juga menghasilkan banyak gol. Ada 6 gol yang tercipta sepanjang laga. Gol indah itu tercipta tidak hanya dari open play tetapi juga dari bola mati. Ada juga unsur drama terutama saat wasit harus mengambil keputusan sulit saat memberikan hadiah penalti kepada Messi di babak pertama laga.

4. Drama Adu Penalti ketiga di Final Piala Dunia

Tidak banyak piala dunia yang berakhir dengan pertandingan seri sehingga harus berujung adu penalti. Sebelumnya drama adu penalti di babak final terjadi pada 1994 dengan kemenangan Brasil dan final 2006 dengan kemenangan Italia. 

Pertandingan antara Argentina vs Prancis menjadi menarik karena dihadiri langsung oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron terlihat begitu bersemangat saat Mbappe berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

5. Emiliano Martinez Kiper Terbaik Piala Dunia 2922

Kemenangan Argentina atas Prancis terutama lewat babak adu penalti tak bisa dilepaskan dari peran sang kiper Emiliano Martinez. Emi tercatat melakukan penyelamatan penting atas ancaman gol dari kaki Randal Kolo Muani di laga lawan Prancis. Pada babak adu penalti dia juga menggagalkan satu eksekusi pemain Prancis. 

Pada pertandingan di babak perempat final saat Argentina menyingkirkan Belanda, Emi juga menjadi penentu. Sepanjang piala dunia 2022 ia telah melakukan tujuh kali penyelamatan yang membuat Argentina  melaju sebagai juara. Berbagai penyelamatan yang telah ia berikan membuat sang kiper meraih penghargaan istimewa usai Piala Dunia 2022 sebagai kiper terbaik. 

6. Sinar Kylian Mbappe dan Messi

Tidak hanya bagi tim Argentina, pertandingan di final piala dunia 2022 menjadi momen penting untuk pemain Prancis Kylian Mbappe. Tampil cemerlang sejak awal pertandingan di penyisihan grup ia akhirnya didapuk menjadi top skor pada Piala Dunia 2022. Ia mencetak gol pembuka melalui titik penalti. Semenit kemudian ia menjebol gawang Argentina lagi dengan tendangan gunting yang apik.

Pada laga melawan Argentina Mbappe tiga kali menyarangkan gol. Dua merupakan tendangan dari titik putih. Gol ketiga tercepat setelah sebelumnya tembakannya mengenai tangan Nahuel Molina sehingga diganjar Penalti. 

Mbappe mencetak gol keenam, ketujuh, dan kedelapannya di turnamen Piala Dunia 2022. Sementara Messi mengumpulkan tujuh gol sepanjang Piala Dunia 2022.

Dengan demikian, Messi telah mengumpulkan 13 gol sepanjang keikutsertaanya di lima Piala Dunia. Berikut rincian gol yang dicetak Lionel Messi di 5 turnamen Piala Dunia:

Piala Dunia 2006: 1 gol

Piala Dunia 2010: 0 gol

Piala Dunia 2014: 4 gol

Piala Dunia 2018: 1 gol

Piala Dunia 2022: 7 gol

Berikut rincain top skor pemain Argentina di Piala Dunia 2022, (data grafik diambil setelah pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, belum menyertakan update terbaru).



7. Top Skor Piala Dunia 2022

Mbappe menjadi top skor Piala Dunia 2022 dengan total 8 gol. Ia unggul satu gol dibanding pesaing terdekatnya Lionel Messi yang mengantongi 7 gol. Mbappe menjadi pemain yang sukses mencetak lebih dari 6 gol di piala dunia bersama dengan Ronaldo pada Piala Dunia 2022.

 

 

Top Skor Piala Dunia 2022

8 Gol

Kylian Mbappe

 

7 gol

Lionel Messi

 

4 gol

Julian Alvarez

Olivier Giroud

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait