Argentina Juara! Ini 7 Fakta Penting Final Piala Dunia 2022

Ira Guslina Sufa
19 Desember 2022, 06:37
Argentina juara piala dunia 2022
FIFA Worldcup 2022
Argentina juara piala dunia 2022

Pertandingan puncak pada final piala dunia 2022 telah berlangsung di stadion Lusail Qatar pada Minggu (18/12) malam. Pada laga yang mempertemukan dua raksasa sepakbola dunia Argentina dan Prancis itu, tim Tango berhasil menang setelah melewati drama adu penalti dengan skor 4-2. 

Partai puncak antara Argentina vs Prancis menjadi penutup yang luar biasa untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini menjadi pelengkap sanjungan dari Presiden FIFA Gianni Infantino yang sebelumnya telah menyebut Piala Dunia Qatar merupakan pertandingan terbaik sepanjang penyelenggaraan piala dunia. 

Argentingan menunjukkan tajinya sebagai legenda sepakbola dunia. Sedangkan Prancis, sebagai juara Piala Dunia 2018 juga menunjukkan kelasnya sebagai pemenang yang tak mudah tunduk begitu saja. 

Pada babak pertama, tim Argentina mencuri keunggulan dengan dua gol beruntun melalui tendangan penalti dari Lionel Messi dan Angel Maria. Namun Prancis tak menyerah mudah. Pada babak kedua, saat Argentina sudah di atas angin, tim Ayam Jantan berhasil menyamakan kedudukan melalui dua gol dari kaki Kylian Mbappe.

Skor imbang memaksa kedua tim lanjut ke babak perpanjangan waktu. Di babak ini, Messi kembali membuat Argentina unggul lebih dulu. Namun Mbappe tak mau ketinggalan menunjukkan kelasnya sebagai pemain bintang dengan menyamakan skor menjadi 3-3. Pertandingan pun harus berlanjut ke babak adu penalti. 

Babak adu penalti menjadikan malam final milik Argentina dengan keunggulan 4-2. Kemenangan ini diperoleh setelah dua eksekutor Prancis gagal menyarangkan bola ke gawang Argentina sehingga kemenangan menjadi milik Piala Dunia 2022. 

Pertandingan antara Argentina dan Prancis di final Piala Dunia 2022 menjadi pertandingan yang luar biasa. Berikut 7 fakta penting dari duel Argentina vs Prancis. 

1. Perebutan Juara Dunia Ketiga Argentina vs Prancis

Bagi timnas Argentina maupun Prancis, pertandingan final pada Minggu malam merupakan pertandingan untuk memperebutkan trofi ketiga Sebelumnya timnas Argentina telah lima kali masuk ke babak final dengan dua kali menjadi juara. 

Argentina masuk ke final pada 1930, 1978, 1986, 1990, 2014, dan 2022. Mereka menjadi juara pada 1978 dan 1986 di Meksiko. Kemenangan melawan Prancis dengan skol 4-2 melalui adu penalti membuat Argentina menjadi juara piala dunia untuk ketiga kalinya. 

Sedangkan bagi Prancis, pertandingan melawan Argentina mengandaskan mimpi untuk membawa pulang trofi ketiga, Prancis sebelumnya menjadi pemenang pada Piala Dunia 1998 dan 2018. Prancis sudah empat kali masuk final yakni pada 1998, 2006, 2018, dan 2022. Pada 2018 Prancis menang setelah menaklukkan Kroasia di babak final. 

Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup
Striker Argentina Lionel Messi saat pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (13/12). Foto: Instagram FIFA World Cup (FIFA WOrld Cup)

2. Piala Dunia Terakhir Lionel Messi. 

Bagi striker sekaligus pemain bintang Argentina Lionel Messi final melawan Prancis menjadi pertandingan terakhir di Piala Dunia. Saat ini usianya sudah memasuki 35 tahun sehingga kans untuk tampil di Piala Dunia 2026 sangat kecil. 

Penampilan cemerlang pada laga melawan Prancis merupakan pertandingan terakhir yang indah buat Messi. Pemenang Ballon D’Or itu pun menyatakan rasa puasnya atas penampilan apik.  

"Saya bangga bisa menyelesaikan perjalanan Piala Dunia saya bermain di final ini. Apa yang saya alami sangat menyenangkan,” ujar Messi seperti dikutip dari Diario Deportivo Ole.

3. Duel Para Bintang 

Laga final Argentina vs Prancis menjadi partai puncak yang membuat suporter seluruh dunia harus meneguhkan kembali keyakinan mengenai prinsip bola itu bundar. Kejutan Prancis dengan berhasil menyamakan kedudukan di paruh kedua pertandingan dengan dua gol sekaligus memberi kejutan dan semangat luar biasa kepada para suporter. Pertandingan kelas dunia telah terjadi. 

Tidak hanya sebagai sebuah pertandingan, laga Argentina vs Prancis menjadi hiburan yang memacu adrenalin para pecinta bola dengan suguhan gol indah dari para pemain bintang. Para pemain bintang di kedua tim menunjukkan kelasnya. Selama laga Messi mencetak dua gol sementara Kylian Mbappe mengemas hattrick.

Laga pamungkas Argentina vs Prancis juga menghasilkan banyak gol. Ada 6 gol yang tercipta sepanjang laga. Gol indah itu tercipta tidak hanya dari open play tetapi juga dari bola mati. Ada juga unsur drama terutama saat wasit harus mengambil keputusan sulit saat memberikan hadiah penalti kepada Messi di babak pertama laga.

4. Drama Adu Penalti ketiga di Final Piala Dunia

Tidak banyak piala dunia yang berakhir dengan pertandingan seri sehingga harus berujung adu penalti. Sebelumnya drama adu penalti di babak final terjadi pada 1994 dengan kemenangan Brasil dan final 2006 dengan kemenangan Italia. 

Pertandingan antara Argentina vs Prancis menjadi menarik karena dihadiri langsung oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron terlihat begitu bersemangat saat Mbappe berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

5. Emiliano Martinez Kiper Terbaik Piala Dunia 2922

Kemenangan Argentina atas Prancis terutama lewat babak adu penalti tak bisa dilepaskan dari peran sang kiper Emiliano Martinez. Emi tercatat melakukan penyelamatan penting atas ancaman gol dari kaki Randal Kolo Muani di laga lawan Prancis. Pada babak adu penalti dia juga menggagalkan satu eksekusi pemain Prancis. 

Pada pertandingan di babak perempat final saat Argentina menyingkirkan Belanda, Emi juga menjadi penentu. Sepanjang piala dunia 2022 ia telah melakukan tujuh kali penyelamatan yang membuat Argentina  melaju sebagai juara. Berbagai penyelamatan yang telah ia berikan membuat sang kiper meraih penghargaan istimewa usai Piala Dunia 2022 sebagai kiper terbaik. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...