KPK Kantongi Dokumen APBD Dana Hibah Usai Geledah Kantor Khofifah

Ira Guslina Sufa
22 Desember 2022, 13:52
KPK
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU
Penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasukkan koper ke dalam mobil usai melakukan penggeledahan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (21/12/2022).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan berbagai dokumen terkait penyusunan APBD Provinsi Jawa Timur usai menggeledah sejumlah lokasi di Surabaya. Yang terakhir, KPK menggeledah kantor pemerintah provinsi Jawa Timur pada Rabu (21/12).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan lokasi penggeledahan terakhir meliputi Kantor Gubernur Jatim yang terdiri atas ruang kerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Emil Dardak dan  Kantor Sekretariat Daerah. KPK juga menggeledah kantor  Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim.

"Dari penggeledahan tersebut ditemukan dan diamankan, antara lain berbagai dokumen penyusunan anggaran APBD dan bukti elektronik yang diduga memiliki kaitan erat dengan perkara dugaan suap pengelolaan dana hibah dari APBD Jatim," ujar Ali seperti dikutip dari Antara, Kamis (22/12)

 Ali mengatakan, usai penggeledahan penyidik KPK akan melakukan analisis terhadap dokumen yang disita. Penelaahan temuan akan segera dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan terhadap para tersangka kasus dugaan suap dalam pengelolaan dana hibah tersebut.

Sebelumnya pada Selasa (20/12), KPK telah menggeledah Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur. Penggeledahan difokuskan di beberapa ruang kerja fraksi. Pada kegiatan itu penyidik mengamankan beberapa dokumen yang diduga dapat mengungkap dugaan suap pengelolaan dana hibah APBD Jatim

Sementara pada Senin (19/12), KPK telah menggeledah Gedung DPRD Jatim yang meliputi Ruang Kerja Ketua DPRD Provinsi Jatim, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim, dan ruang kerja beberapa komisi. Selain itu pada hari yang sama, KPK menggeledah rumah kediaman pihak terkait kasus itu. Usai penggeledahan, KPK mengamankan berbagai dokumen, barang bukti elektronik, dan sejumlah uang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...