Keukeuh Pemilu Terbuka, 8 Fraksi DPR Ajukan Diri Jadi Pihak Intervensi

Ade Rosman
11 Januari 2023, 17:06
DPR
Antara/Syaiful Hakim
Delapan partai politik bertemu membahas sistem proporsional tertutup Pemilu 2024

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Ahmad Doli Kurnia mengatakan mayoritas fraksi DPR RI akan mempertahankan sistem proporsional terbuka pada pemilu 2024 mendatang. Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menjelaskan dengan sistem pemilu proporsional terbuka pemilih bisa langsung mencoblos sosok calon legislatif. 

Menurut Doli, pada pertemuan pimpinan delapan fraksi pada MInggu (11/1) lalu telah disepakati sejumlah langkah yang akan diambil untuk mempertahankan sistem proporsional terbuka. Alternatif langkah disiapkan sesuai dengan prioritas. 

"Dari pertemuan itu juga kemudian disepakati dan juga diberikan arahan kepada masing-masing fraksi lagi untuk melakukan langkah-langkah," kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (11/1). 

Lebih jauh Doli menjelaskan, langkah pertama yang disiapkan DPR akan menyesuaikan dengan duduk perkara persoalan. Saat ini, usulan perubahan sistem pemilu menjadi proporsional tertutup telah diajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi. 

“Karena ranahnya sudah di Mahkamah Konstitusi (MK), maka DPR akan dimintai penjelasan pada setiap kasus atau perkara yang ada di MK,” ujar Doli. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...