Di Acara Partai Bulan Bintang, Jokowi Dukung Yusril Jadi Presiden

Andi M. Arief
12 Januari 2023, 05:55
Jokowi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (kiri) berjalan saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Presiden Joko Widodo mengumumkan dukungan pada Ketua Umum Partai Bulan Bintang Ihza Mahendra jika maju menjadi calon presiden atau capres pada Pemilihan Presiden 2024. Kepala Negara pun menyarankan PBB memberi jalan bagi Yusril untuk dapat bersaing secara resmi di Pilpres 2024.

Menurut Jokowi, kendaraan yang bisa dipakai untuk maju menjadi calon presiden adalah berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kursi legislatif pada Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024. Bila ingin menjadi capres, Yusril harus didukung oleh setidaknya 20% dari total kursi legislatif.

"Saya mendukung loh kalau Prof Yusril di 2024 nanti dicalonkan jadi Presiden atau Wakil Presiden. Ini serius. Begitu dapat kendaraan, saya dukung," kata Presiden Jokowi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Musyawarah Dewan Partai PBB, Rabu (11/1).

Presiden Jokowi mendukung pencalonan tersebut setidaknya karena dua alasan. Pertama, komitmen PBB dalam menjaga persatuan bangsa. Jokowi menyampaikan PBB identik dengan Partai Islam, namun kader-kader PBB berjiwa nasionalis. 

Contoh yang dipilih Presiden Widodo adalah pemilihan Ketua Dewan Pengurus Cabang atau DPC PBB di Papua dan Nusa Tenggara Timur yang beragama Kristen. Selain itu, Jokowi menemukan Ketua DPC PBB di Bali beragama Hindu. 

"Terima kasih keIslaman dan keIndonesiaan telah jadi nafas PBB dalam berpartai," ujar Jokowi.

Alasan kedua menurut Jokowi adalah dukungan PBB saat berkampanye untuk duduk sebagai Wali Kota Solo dan Presiden RI.

"Jadi, kalau saya dukung gantian nggak ada salahnya ya," kata Presiden Widodo.

Menanggapi dukungan Jokowi, Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor mengusulkan target PBB pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 adalah menjadikan Yusril sebagai Wakil Presiden periode 2024-2029. Afriansyah mengatakan usulan tersebut akan betul-betul menjadi target PBB jika mendapatkan restu Presiden Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...