Menakar Tuah Follower Ridwan Kamil dan Bidik Moncer Partai Golkar

Ira Guslina Sufa
19 Januari 2023, 05:30
Ridwan kamil gabung Golkar
instagram Partai Golkar
Ridwan kamil gabung Golkar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan langkahnya bersama Partai Golkar menghadapi pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah 2024 mendatang. Bertempat di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, pada Rabu (18/1) Ridwan menerima kartu tanda anggota yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Ridwan Kamil datang ke kantor DPP Partai Golkar mengenakan baju batik dengan nuansa warna kuning dan hitam. Usai menerima kartu tanda anggota partai, ia kemudian melapisi batiknya dengan jas berwarna kuning lengkap dengan logo pohon beringin di dada. Ridwan pun secara resmi menjadi kader Partai Golkar. 

"Partai Golkar saya baca sejarahnya konsisten sampai hari ini, selalu fokus pembangunan. Membangun kekaryaan, progresif. Nah itulah saya banget kira-kira," kata Ridwan usai resmi menjadi kader partai beringin.

Bergabungnya Gubernur Jawa Barat itu bagi Golkar patut dirayakan. Emil tidak datang dengan tangan kosong. Ia membawa popularitas dan elektabilitas di pundaknya. Berdasarkan sejumlah lembaga survei, RK selalu masuk dalam jajaran tiga besar calon wakil presiden pilihan rakyat. Sedangkan di daftar calon presiden namanya sering masuk tujuh teratas daftar calon presiden pilihan. 

Secara personal RK juga merupakan gubernur dengan interaksi yang tinggi di media sosial. Sebagai contoh, berdasarkan aplikasi pengukur engagement instagram Planx yang diukur Rabu (18/1), rata-rata setiap unggahan Ridwan Kamil di instagram disukai oleh 126.615 pengikut, dan dibanjiri 2.163 komentar. 

Saat mendatangi DPP Golkar Ridwan Kamil mengklaim memiliki 30 juta follower atau pengikut di media sosial. Dalam pantauan Katadata, hingga Rabu (18/1) jumlah pengikut RK di instagram mencapai 19,7 juta. Di media sosial twitter ia memiliki 5,4 juta pengikut. RK juga aktif di media sosial lain seperti tiktok, dan youtube. 

Popularitas di media sosial ini diakui Ridwan menjadi tuah yang bisa ia manfaatkan untuk menghadapi tahun politik. RK yakin dengan modal popularitas itu ia bisa menggalang dukungan bagi partai Golkar terkhusus di pulau Jawa.

"Followers saya 30 juta. Itu saja sudah jadi modal. Saya posting sehari sekali, atau dua hari sekali tentang Golkar, ada lah yang nyangkut-nyangkut kan," kata Ridwan. 

Selang dua jam setelah resmi bergabung, RK pun langsung menghadiahi Partai Golkar dengan konten video pendek yang berisi deklarasinya mendukung Partai Beringin. Mengendarai vespa kuning bernomor polisi D 2712 AGO, ia membuat atraksi kecil yang mengundang perhatian awak media. Konten itu pun diunggah DPP Golkar di instagram resmi milik partai. 

“Ikan Hiu naik Gokart, I love U Golkar,” ujar Ridwan sambil menunggangi vespa kuning. 

Kepiawaian Emil dalam menarik simpati masyarakat menjadi poin lebih di mata Golkar. Airlangga pun mengganjar RK dengan jabatan Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih, dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu. Airlangga mengatakan Ridwan Kamil memiliki kecocokan dengan karakter Partai Beringin. 

“Golkar merasa Emil {Ridwan Kamil] salah satu tokoh masyarakat yang memenuhi kriteria yang selama ini diemban oleh partai Golkar," kata Airlangga.  

Lebih jauh Menteri Koordinator Ekonomi itu mengatakan terdapat kecocokan antara partainya dengan Ridwan Kamil yang sama-sama menghindari politik identitas. Golkar juga menilai RK memiliki komitmen untuk berjuang mengupayakan kesejahteraan rakyat. 

Airlangga meyakini, bergabungnya Ridwan Kamil  akan turut berkontribusi pada peningkatan suara Golkar. Ia optimistis perolehan suara yang didapat Golkar pada pemilu 2024 mendatang akan naik. Beberapa daerah yang dinilai berpotensi menunjukkan kenaikan tren suara Golkar adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten. 

 "Hari ini yang penting membuktikan bahwa Golkar inklusif. Siapa yang mau masuk Golkar, kami akan berikan kesempatan," kata Airlangga. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...