KPK Periksa Sekda RIau S.F Hariyanto Klarifikasi Laporan Harta

Ira Guslina Sufa
6 April 2023, 11:15
KPK
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini memanggil Sekretaris Daerah Provinsi Riau S.F. Hariyanto. KPK memanggil Hariyanto untuk  klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Berdasarkan pantauan di lapangan, Hariyanto tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pukul 8.35 WIB. Saat datang ia tidak berkomentar kepada wartawan dan langsung masuk ke lobi Gedung Merah Putih KPK. Dia kemudian masuk ruang klarifikasi sekitar pukul 9.08 WIB.

Sekdaprov Riau S.F. Hariyanto menjadi sorotan warganet dan masyarakat setelah mencuatnya video perayaan ulang tahun mewah putrinya di salah satu hotel berbintang. Video pesta ulang tahun ke-17 putri Sekdaprov Riau itu diunggah oleh akun Twitter @PartaiSocmed.

Istri S.F. Hariyanto juga menjadi sorotan warganet soal koleksi tas mewahnya dan foto-foto liburan ke luar negeri. KPK kemudian melayangkan undangan klarifikasi LHKPN terhadap yang bersangkutan.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyatakan telah memerintahkan Inspektorat Jenderal Kemendagri untuk mengklarifikasi kasus Hariyanto. Selain itu, melalui pertemuan Zoom pada Senin, 27 Maret 2023, Tito berpesan kepada pejabat negara untuk menjalankan pola hidup sederhana.

Mendagri mengingatkan kepada para kepala daerah beserta jajarannya terkait dengan perubahan media sosial. Menurut dia, media sosial merupakan keniscayaan yang mendatangkan perubahan dan membentuk citizen journalism. Artinya, siapa saja di media sosial bisa mengunggah informasi apa pun, kemudian berujung viral dan menjadi perhatian publik.

Selain itu Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro mengingatkan para aparatur sipil negara agar menerapkan pola hidup sederhana. Menurut dia hidup sederhana merupakan bagian penting menjadi pedoman sikap dan perilaku aparatur negara. 

" Kalau tidak mau hidup sederhana, ya harus memilih pekerjaan yang lain. Itu selalu saya sampaikan kepada pegawai, terutama kepada ASN-ASN yang baru diangkat menjadi CPNS," kata Suhajar. 

Suhajar lalu mendorong para ASN untuk mengendalikan diri jika ingin membeli barang-barang mewah, apalagi jika hanya untuk dipamerkan.Dia menambahkan ASN harus mengetahui tempatnya berpijak karena hidup bukan hanya soal uang, melainkan juga perihal kebahagiaan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...