Hanura Jadi Partai Kedua yang Setor Caleg ke KPU, Sodorkan 580 Nama

Ade Rosman
10 Mei 2023, 13:37
Hanura
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Partai Hati Nurani Rakyat menjadi partai politik kedua yang mendaftarkan anggotanya sebagai bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum RI. Penyerahan nama bakal caleg dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang beserta jajaran petinggi partai, Rabu (10/5).

"Kami menyerahkan daftar caleg sebanyak 580 orang dan 84 dapil, semuanya lengkap," kata Oesman di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/5).

Oesman mengatakan, calon yang diajukan partainya telah melebihi ketentuan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Total caleg perempuan yang didaftarkan menurut dia mencapai 32 persen. Oesman percaya kualitas bakal caleg tidak bisa ditentukan melalui jenis kelamin.

"Buktinya ada Ketua Umum partai perempuan, ya kan. Mudah mudahan ada lagi Ketua Umum Partai perempuan, jangan laki terus, semoga nanti 50 persen perempuan dan 50 persen laki Ketum parpol," kata Oesman.

Hingga hari ke-10 pendaftaran calon anggota legislatif, baru Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengajukan kadernya ke KPU. Semula, selain Hanura, Partai Nasional Demokrat juga berencana mendaftarkan kadernya sebagai caleg ke KPU hari ini. Namun, karena suatu alasan, pendaftaran dilakukan pada Kamis (11/5) besok.

Selain Partai Nasdem, besok Juga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dijadwalkan akan mendaftarkan bakal calon legislatifnya ke KPU Pusat. Adapun KPU telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 mulai Senin (1/5). 

Pendaftaran bacaleg mulai 1-14 Mei 2023. Untuk 1-13 Mei, jam operasional pendaftaran adalah dari pukul 08.00-16.00 waktu setempat. ADVERTISEMENT Sedangkan pada 14 Mei, jam operasional pendaftaran dimulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat. KPU berharap proses pendaftaran bisa berjalan lancar. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...