Rupiah Diramal Menguat, Pidato The Fed Buka Potensi Inflasi di AS

Abdul Azis Said
28 Agustus 2023, 09:55
Rupiah menguat
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Sejumlah siswa mengikuti sosialisasi pengenalan keasliaan uang rupiah dengan memasang puzzle di Stan Bank Indonesia, Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023 di Lanud Anang Busra, Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (19/8/2023).

Rupiah berpeluang menguat hari ini setelah tidak ada kejutan berarti dalam pidato Gubernur The Fed, Jerome Powell akhir pekan lalu. Analis pasar uang Lukman Leong memperkirakan kurs rupiah menguat dengan bergerak di rentang 15.250-15.350 per dolar AS.

Pada pembukaan perdagangan pagi, rupiah melemah tipis 0,01% ke level 15.296 per dolar AS. Namun analis memperkirakan pelemahan hanya berlangsung sesaat. 

"Rupiah diperkirakan akan menguat di tengah sentimen risk on dan koreksi pada dolar AS setelah pernyataan Powell di Jackson hole kurang lebih sesuai dengan perkiraan investor," kata Lukman seperti dikutip, Senin (28/8).

Mayoritas mata uang regional melemah seperti baht Thailand 0,32%, ringgit Malaysia 0,23% hingga yen Jepang 0,05%. Sebaliknya, yuan China menguat tipis 0,05% bersama won Korsel 0,08% dan dolar Singapura 0,1%.

Dalam pidatonya Powell menyebut inflasi tetap tinggi sekalipun sudah dalam tren penurunan. Arah kebijakan The Fed ke depan akan melihat perkembangan data terbaru tetapi bank sentral bersiap menaikkan suku bunga jika memungkinan dan akan menahannya di level tinggi hingga inflasi diyakini benar-benar turun ke arah target.

Namun, perhatian pasar kini tertuju pada komentar The Fed soal kondisi ekonomi AS yang rupanya cukup tangguh dengan masih terus tumbuh. Powell menyebut dengan sinyal ekonomi yang masih kuat bisa mendorong risiko kenaikan inflasi dan mengharuskan bank sentral menempuh pengetatan moneter lebih lanjut.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...