Jokowi Sebut Perang Rusia dan Ukraina Masih Lama

Rizky Alika
8 September 2022, 21:56
Jokowi
Kremlin.ru
Presiden Joko Widodo (kiri) berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan perang Rusia dan Ukraina masih akan berlangsung lama. Hal itu dipaparkan Kepala Negara di hadapan para ekonom ketika membahas terkait kondisi global terkini.

Kesimpulan itu muncul berdasarkan hasil pertemuan Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky beberapa waktu lalu di negaranya masing-masing.

"Keadaan ini akan berjalan masih lama. Jangan berharap perang besok atau bulan depan selesai," kata Jokowi di Sarasehan 100 Ekonom di Jakarta, Rabu (7/9).

Jokowi berupaya untuk mendamaikan Ukraina dan Rusia. Namun, upaya tersebut berakhir pahit. Menurutnya, sulit untuk membuka ruang dialog di antara kedua pemimpin itu. "Saya belokkan saja," kata Jokowi.

Oleh karenanya, Jokowi hanya membahas krisis pangan kepada Putin dan Zelensky. Saat itu, Zelensky mengatakan 77 juta ton gandum harus diekspor dari Ukraina. Namun, ekspor tidak bisa dilakukan karena masalah keamanan di tengah perang dengan Rusia.

Jokowi pun menyampaikan masalah Ukraina itu kepada Putin. Mendengar hal itu, Putin menjamin keberlangsungan ekspor Ukraina.

"2-3 minggu kemudian, sudah ada kapal yang keluar dari Odessa ke Istanbul," ujar Jokowi.

Dengan konflik yang masih berlangsung lama, Jokowi tidak bisa memperkirakan dampak perang terhadap kenaikan harga barang hingga pertumbuhan ekonomi.

 

Ekonomi Bisa Minus 17% Kalau Lockdown

Indonesia menjadi salah satu negara yang tidak menerapkan lockdown saat pandemi Covid-19. Jokowi mengatakan, ekonomi Indonesia bisa terkontraksi menjadi minus 17% apabila menerapkan lockdown.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...