Produksi Stagnan, Jokowi akan Serahkan Sumur Migas Pertamina ke Swasta

Muhamad Fajar Riyandanu
20 September 2023, 16:16
Pertamina
Pertamina
Bertepatan dengan 2 tahun pascaalih kelola Blok Rokan, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kini berada di puncak produksi minyak dan gas (migas) Indonesia (9/8/2023).

Pemerintah berencana melepas sebagian sumur minyak dan gas bumi (migas) milik PT Pertamina kepada perusahaan migas swasta, baik domestik maupun internasional.

Kebijakan tersebut dipicu minimnya pertumbuhan produksi migas oleh Pertamina, meski perusahaan pelat merah ini menggenggam mayoritas atau 70% aset sumur di dalam negeri.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan kajian tersebut telah dibahas secara serius di forum rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Bahlil, saat ini terdapat 3.000 sumur migas yang berada di bawah naungan PT Pertamina.

Bahlil bercerita, dalam ratas tersebut, Jokowi memberi arahan agar Pertamina menyerahkan sumur yang tidak dimanfaatkan kepada perusahaan migas swasta melalui mekanisme terbuka atau tender.

“Jangan merasa bahwa ini negara kita, tapi lihat juga kemampuan kita. Jangan sampai nafsu kuda tapi tenaga ayam. Ini gak sampai-sampai tujuan negara ini,” kata Bahlil saat memberikan sambutan pembukaan the 4 th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas Industry (ICIUOG) 2023 di Nusa Dua, Bali pada Rabu (20/9).

Lebih lanjut, kata Bahlil, Jokowi mengarahkan agar lelang-lelang blok migas lebih menyasar pada perusahaan swasta nasional, dengan opsi kerja sama dengan perusahaan migas internasional untuk mengunci kepastian modal.

Selain itu, Bahlil juga mendorong inisiatif Pertamina untuk melepas sumur-sumur migas yang belum dimanfaatkan secara optimal kepada perusahaan migas swasta.

“Kita tidak bisa main sendiri, kalau memang pertamina melihat mana bagian yang harus diserahkan ke swasta, ya serahkan. Dari pada kita impor milih mana? Bukan kita tidak nasionalis, justru karena nasionalis kita kejar produksinya,” ujar Bahlil.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...