Gibran Soal Jadi Cawapres: Saya Tidak Ada Rencana

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Oktober 2023, 19:17
Gibran
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Gibran Rakabuming melakukan sesi diskusi di Kopdarnas Partai Solidaritas Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan dirinya tidak memiliki rencana apapun terkait posisi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Nggak ada planning. Saya santai, ngalir," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, seperti dikutip Antara, Rabu (18/10).

Ketika menanggapi kabar bahwa dirinya yang akan maju sebagai bakal cawapres mendampingi bakal capres Prabowo Subianto pada Pilpres mendatang, Gibran tak membantah ataupun mengiyakan. Dia hanya memastikan tidak pernah menawarkan diri kepada siapapun.

"Sekali lagi, saya nggak pernah menawarkan diri. Orang lain yang mengejar, teman-teman media yang memberitakan terus," kata dia.

Menurut dia, mengenai pencalonan presiden maupun wakil presiden merupakan hak dari masing-masing ketua partai politik.

"Urusan pencalonan ketua-ketua yang berhak," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan Erick Thohir yang juga digadang-gadang maju mendampingi Prabowo, ia meminta agar hal itu ditanyakan langsung ke Erick.

"Tanya pak Erick. Ya itu, yang bikin SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Udah ya," katanya.

Disinggung mengenai apakah dirinya juga mengurus SKCK, putra sulung Presiden Jokowi ini mengatakan tidak sedang mengurus apapun.

"Saya kalau mengurus pasti konangan (ketahuan), kan ke Pengadilan Negeri sama kepolisian, pasti ketahuan. Aku ra ngurus opo-opo (saya tidak mengurus apa-apa). Kalau saya pasif," katanya.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...