Tembus Global, Anak Usaha WIKA Ekspor Komponen Mobil ke Thailand

Sebelumnya, WIKA Industri dan Konstruksi mengumumkan telah menguasai 100% saham produsen sepeda motor listrik buatan Indonesia, Gesits.
Image title
Oleh Lavinda
1 Oktober 2021, 12:49
WIKA, Wijaya Karya, BUMN, Otomotif
ANTARA FOTO/Jojon/rwa.
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi (kiri) dan Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur Muhammad Samyarto (tengah) saat peluncuran penjualan perdana sepeda motor listrik merk GESITS di MTQ Square di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (27/2/2021).

Entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKON) mengirimkan sekitar 3.600 set komponen mobil berupa Roof Rack Set ke Thailand pada medio September 2021.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya mengatakan komponen mobil itu diproduksi oleh Pabrik Plastic, Pressing & Casting (PPC) WIKON. Ini merupakan pengiriman keempat yang dilakukan ke ITOCHU, Thailand.

Nantinya, produk-produk tersebut akan diaplikasikan pada bagian kerangka atap mobil Toyota Fortuner yang diproduksi oleh Toyota Motor Thailand.

Menurut dia, kepercayaan ITOCHU sebagai eksportir produk komponen mobil didasarkan atas jalinan kerja sama yang baik antara kedua pihak dalam melakukan desain pengembangan produk secara jangka panjang.

“Harapannya, ekspor ini menjadi tolak ukur atas optimisme WIKON dalam menghasilkan produk-produk komponen otomotif berkualitas yang diakui dunia," ujar Mahendra dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10).

Rencananya, pengiriman komponen akan terbagi dalam enam tahap. tahap pertama, kedua dan ketigatelah dilaksanakan pada Maret , Mei dan Juli 2021.

Pemilik Penuh Produsen Motor Listrik RI Gesits

Sebelumnya, WIKON juga mengumumkan telah menguasai 100% saham produsen sepeda motor listrik buatan Indonesia, Gesits. Hal itu ditandai dengan aksi akuisisi 10,66% saham milik PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) pada PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA).

WIMA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan assembling, khususnya sepeda motor listrik dengan merek Gesits. Ini merupakan perusahaan joint venture antara WIKON dan GTI yang didirikan pada 2018.

Secara rinci, WIKON menggelontorkan dana Rp 36,5 miliar untuk membeli 6.800 saham WIMA yang semula dimiliki GTI. Transaksi jual-beli tersebut telah berlangsung pada 24 September 2021.

Mahendra mengatakan, pelaksanaan transaksi memberi dampak positif bagi keberlangsungan kegiatan usaha WIMA, sekaligus memberi nilai tambah bagi perusahaan.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait