Whatsapp, Instagram, dan Facebook Sulit Diakses, Sahamnya Anjlok 5,6%

Para pengguna tak dapat mengakses Facebook, Instagram, dan Whatsapp di bawah naungan Grup Facebook tersebut.
Image title
Oleh Lavinda
5 Oktober 2021, 06:20
Facebook, Instagram, Whatsapp
Anton/pexels.com
Tampilan Facebook di Smartphone

Aplikasi media sosial Facebook, platform berbagi foto Instagram, dan aplikasi pesan Whatsapp mengalami gangguan sejak Senin (4/10) malam.

Di Bursa Nasdaq Amerika Serikat (AS), harga saham Facebook tercatat merosot 5,6% ke level US$ 323,56 pada perdagangan Senin (4/10) sore waktu setempat. Level ini menjadi penurunan terburuk dalam setahun terakhir.

Berdasarkan laporan situs pelacakan pemadaman aplikasi Downdetector.com, puluhan ribu pengguna tak dapat mengakses ketiga platform di bawah naungan Grup Facebook tersebut.

Di dalam situs jejaring (website) Facebook, terdapat pemberitahuan bahwa terjadi kesalahan pada sistem nama domain atau Domain Name System (DNS). DNS merupakan sistem yang memungkinkan alamat web untuk membawa pengguna ke tujuan mereka.

Menanggapi kondisi tersebut, Eksekutif Komunikasi Facebook Andy Stone mengatakan pihaknya sedang berupaya mengembalikan penggunaan layanan secepatnya, tanpa memberitahu alasan gangguan itu terjadi.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujar Andy dalam akun Twitternya, Selasa (5/10).

Berdasarkan laporan The Verge, Wakil Presiden Senior Cloudflare Dane Knecht mengatakan rute border gateway protocol (BGP) Facebook telah ditarik dari internet.

BGP merupakan jenis protokol routing yang berfungsi mempertukarkan informasi antar autonomous system dan membantu jaringan memilih jalur terbaik untuk mengirimkan lalu lintas internet.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait