Realisasikan Strategi, Waskita Lego Tol Cibitung Rp 2,44 Triliun

Manajemen Waskita Karya menyampaikan transaksi pengalihan saham dilakukan untuk menunjang rencana aksi korporasi yang akan dilakukan oleh Waskita Toll Road sebagai pemegang saham CTPPT.
Image title
Oleh Lavinda
7 Oktober 2021, 07:52
Waskita, Waskita Karya, Divestasi, BUMN
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Mobil melintas di proyek pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1A yang belum beroperasi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/7/2019).

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road, menjual kepemilikan 55% sahamnya di PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTPPT) dengan harga pengalihan mencapai Rp 2,44 triliun.

WTR menjual sebanyak 1,38 juta saham itu kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (API), selaku pemegang 45% saham CTPPT.

Dalam keterangan tertulis, Manajemen Waskita Karya menyampaikan transaksi pengalihan saham dilakukan untuk menunjang rencana aksi korporasi yang akan dilakukan oleh WTR sebagai pemegang saham CTPPT.

"Dengan adanya transaksi tersebut, WTR diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usahanya, dan akan memberi nilai tambah bagi perusahaan," demikian tertulis dalam laporan perusahaan, Selasa (6/10).

Demi mensahkan proses transaksi, WTR dan API telah menandatangani Akta Jual Beli Saham pada 1 Oktober 2021. Kedua perusahaan juga sekaligus menandatangani Akta Pengalihan Piutang atas Bunga dan Akta Pengalihan Pinjaman Pemegang Saham atau Shareholder Loan pada waktu yang sama.

"Harga pembelian tersebut wajib dibayarkan API kepada WTR paling lambat 14 hari kalender terhitung sejak ditandatangani Akta Jual Beli (15 Oktober 2021)," ujar manajemen perusahaan. 

Kedua perusahaan juga menyepakati harga pengalihan piutang atas bunga sebesar nilai nominal dari piutang atas bunga Rp 40,48 miliar. Nilai ini dipotong pajak penghasilan atas bunga Rp 6,07 miliar, sehingga jumlah yang dibayarkan oleh API kepada WTR tercatat sebesar Rp 34,4 miliar.

Terkait pengalihan pinjaman pemegang saham tambahan dari penjual, WTR setuju untuk secara penuh dengan tidak dapat ditarik kembali menjual, menyerahkan, dan mengalihkan kepada API semua kewajiban pembayaran CTPPT kepada WTR dengan nilai Rp 194,75 miliar.

Hal itu termasuk pula semua hak, hak milik, dan kepentingan serta kewajiban dan tanggung jawab WTR yang timbul berdasarkan perjanjian shareholder loan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait