Anak Usaha CT Corps Pastikan Tak Serap Saham Baru Garuda

 Zahwa Madjid
6 Desember 2022, 21:32
Garuda
Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia diberi simbol kehormatan water canon saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Emiten maskapai BUMN, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berencana untuk menerbitkan saham baru untuk menambah modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Berdasarkan prospektus, anak usaha CT Corp milik Chairul Tanjung, PT Trans Airways, sebagai pemegang 7.31 miliar saham Garuda, memastikan tidak akan menggunakan haknya untuk menyerap saham baru tersebut.

“PT Trans Airways tidak melaksanakan haknya, hanya pemerintah dan seluruh pemegang saham publik yang melaksanakan HMETD,” ujar manajemen GIAA dalam keterbukaan informasi.

Katadata.co.id mencoba menghubungi pihak Trans Airways untuk mengonfirmasi sekaligus menanyakan alasan keputusan tersebut. Namun, pihak Trans Airways tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai tidak ikutnya perusahaan dalam aksi korporasi tersebut.

Melansir keterbukaan informasi, emiten berkode saham GIAA ini akan menerbitkan 63.2 miliar saham baru seri C dengan nilai nominal dan harga pelaksanaan Rp 196 per saham. Jumlah tersebut sekitar 70,95% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum terbatas II (PUT II).

Dari hasil aksi korporasi ini, perseroan akan mendapatkan tambahan modal sekitar Rp 12,3 triliun.

Pemerintah sebagai pemegang saham utama akan melaksanakan haknya sesuai dengan bentuk penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun.

Dalam keterbukaan informasi perseroan disebutkan, bagi pemegang saham yang tidak menggunakan haknya untuk melaksanakan rights issue akan mengalami dilusi saham maksimum 70,95% setelah dilaksanakannya Penawaran Umum Terbatas (PUT) II.

Nantinya, sebanyak 60% dari dana PMN akan digunakan untuk pemeliharaan dan restorasi, dan 40% lainnya akan digunakan sebagai modal kerja berupa bahan bakar, biaya sewa dan biaya restrukturisasi.

Berikut jadwal hak memesan efek terlebih dahulu GIAA :

  • Tanggal Cum HMETD di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi 12 Desember 2022 
  • Tanggal Ex HMETD di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi 13 Desember 2022 
  • Tanggal Cum HMETD di Pasar Tunai 14 Desember 2022
  •  Tanggal Ex HMETD di Pasar Tunai 15 Desember 2022 
  • Tanggal Distribusi HMETD 15 Desember 2022
  •  Tanggal Pencatatan Efek di BEI 16 Desember 2022

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait