Melirik Peluang Usaha di Bidang Kuliner Makanan Ringan dan Berat

Anggi Mardiana
24 November 2022, 20:31
Peluang Usaha di Bidang Kuliner
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.
Ilustrasi, pekerja membungkus kue donat di sebuah rumah produksi roti di Dumai Kota, Dumai, Riau, Rabu (11/11/2020).

Peluang usaha di bidang kuliner memang cukup menguntungkan karena makan merupakan kebutuhan. Tidak heran jika membangun usaha kuliner menjadi peluang bisnis yang menarik dan memiliki potensi menjanjikan untuk mendapatkan untung.

Makanan dan minuman telah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang sehinga usaha kuliner cocok bagi siapa saja yang ingin memulainya. Ada beberapa jenis usaha kuliner dengan modal yang terjangkau, namun memberi keuntungan berlipat ganda.

Berbicara mengenai peluang usaha kuliner, ada banyak jenis makanan dengan kualitas dan rasa terbaik. Untuk menarik konsumen, banyak penjual melakukan pengemasan menarik dan menjaga kebersihannya. Berikut rekomendasi peluang usaha di bidang kuliner dilansir dari gobiz.co.id.

Peluang Usaha di Bidang Kuliner Makanan Ringan

Kunci utama ketika memutuskan untuk mencoba membuka usaha makanan ringan adalah manajemen yang baik serta ketekunan. Untuk memulai bisnis makanan ringan tidak perlu modal yang besar, bisa dimulai dengan menjadi reseller dari supplier makanan ringan terlebih dahulu.

1. Aneka Cilok

Cilok atau aci dicolok merupakan makanan yang terbuat dari tepung aci dengan cara makan dicolok/ditusuk. Biasanya dinikmati dengan saus kacang. Untuk meningkatkan daya tarik, cilok bisa ditambah dengan berbagai isian seperti ayam, daging sapi, keju, cabai, seafood dan lainnya.

Cara penyajiannya dilengkapi dengan beragam saus seperti saus asam manis, saus barbeque, saus keju mozzarella dan lainnya. Cilok cukup populer dikalangan anak-anak hingga dewasa sehingga cukup mudah untuk menjualnya.

2. Aneka Keripik

Peluang usaha makanan ringan kedua yang mungkin bisa dicoba ialah berjualan keripik. Keripik merupakan makanan yang banyak digemari oleh orang-orang sebagai cemilan pada waktu senggang. Ada macam jenis keripik yang bisa dijual.

Anda bisa membuat keripik sendiri atau membeli dari supplier kemudian dikemas ulang dengan merek jual yang telah ditentukan. Contohnya, Anda bisa membeli keripik singkok dari supplier, kemudian dikemas ulang dengan tambahan berbagai varian rasa serta kemasan yang menarik.

3. Makaroni

Selanjutnya peluang usaha di bidang kuliner makanan ringan lain yaitu makaroni. Ada banyak jenis makaroni yang dijual di pasaran, ada yang di goreng, di panggang, mac and cheese dan lainnya. Terlebih makaroni merupakan jajanan yang disukai oleh anak muda.

Alasan makaroni menjadi makanan ringan favorit adalah bisa dikonsumsi sendiri atau menjadi teman makan untuk bakso, seblak dan lainnya. Jika Anda berminat berjualan makaroni, mungkin bisa dicoba berjualan makaroni pedas, makaroni keju, makaroni barbeque dan lain-lain.

4. Donat

Makanan ringan lain yang mudah dijual adalah donat. Banyak orang yang menyukai donat karena pilihan topping yang menarik. Anda bisa menjual donat dengan cara unik, misalnya membuat donat gurih atau asin dengan topping terbuat dari daging, sayuran, atau kombinasi keduanya.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...