Pengangguran Terselubung, Pengertian, Penyebab, dan Contohnya

Annisa Fianni Sisma
4 Mei 2023, 11:57
Pengangguran
Pexels
Ilustrasi, pengangguran terselubung.

Pengangguran terselubung menjadi salah satu kategori penduduk di Indonesia yang berdampak buruk. Bahkan pengangguran terselubung dinilai sebagai bom waktu karena dampaknya akan muncul di kemudian hari.

Pengkategorian penduduk di Indonesia dapat berbagai macam. Beberapa diantaranya yakni angkatan kerja, pekerja atau buruh, pengangguran, pengangguran terbuka, dan pengangguran terselubung.

Pentingnya mampu memahami perbedaan pengangguran, pengangguran terbuka dan pengangguran terselubung adalah agar mengetahui fenomena yang terjadi di masyarakat. Simak penjelasan tentang pengangguran terselubung dalam ulasan berikut.

Pengertian Pengangguran Terselubung

Pengangguran Terselubung
Pengangguran Terselubung (Pexels)

Pengangguran terselubung adalah seorang pekerja yang memiliki pekerjaan tetapi produktivitas kerjanya rendah. Hal ini dapat karena pekerjaan yang dimilikinya tidak sesuai dengan bidang pekerjaan maupun beban tugas yang diberikan terlalu sedikit dari waktu kerja.

Dalam fenomena sekilas, pengangguran terselubung bukanlah seseorang yang tidak produktif. Pasalnya, pengangguran terselubung tetap menerima gaji dan dapat menghidupi dirinya dan keluarganya.

Namun jika diamati dengan lebih teliti, maka kehadirannya cenderung pasif dan tidak berpengaruh. Hal ini menyebabkan ketidakefektifan dan ketidakefisienan pekerja.

Penyebab Pengangguran Terselubung

Pengangguran Terselubung
Pengangguran Terselubung (Pexels)

Seperti yang sudah disampaikan sekilas, pengangguran terselubung disebabkan karena bidang pekerjaan tidak sesuai dengan kemampuannya. Faktor lainnya yakni beban tugas terlalu sedikit sehingga banyak waktunya untuk menganggur.

Penyebab pengangguran terselubung lainnya yakni jumlah karyawan yang terlalu banyak di divisi tertentu. Dampaknya, pekerja lain pun tidak memperoleh pekerjaan yang menjadi porsinya dan menjadi sangat pasif.

Pengangguran terselubung juga dapat disebabkan karena bermalas-malasan dan menunda-nundan pekerjaan karena tidak ada target yang signifikan. Akhirnya, pekerja cenderung menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan.

Namun ada pula penyebab lain yakni karena divisi tertentu yang sesuai dengan kemampuan pekerja tidak ada. Oleh sebab itu, pekerja akan melakukan sesuatu sesuai dengan bidangnya tetapi cenderung tidak maksimal.

Contoh Pengangguran Terselubung

Pengangguran Terselubung
Pengangguran Terselubung (Pexels)

Pengangguran terselubung dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Pasalnya, banyak penduduk kategori ini yang sangat menonjol. Berikut contoh-contoh pengangguran terselubung.

1. Mahasiswa yang Baru Saja Lulus dan Bekerja di Bidang yang Tidak Linear

Pasca menyelesaikan studi, penduduk angkatan kerja akan melanjutkan pendidikan atau meniti karir. Bagi pihak yang meniti karir, maka terdapat pula pihak yang memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidangnya, tetapi ada pula yang tidak.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...