Cara Daftar GoFood Usaha Rumahan dengan Mudah
Cara daftar GoFood usaha rumahan sebetulnya bukan sesuatu hal yang sulit, dan siapa pun bisa melakukannya. GoFood memberikan kemudahan bagi masyarakat agar bisa membuka bisnis lebih mudah, tanpa menyewa lapak dan toko.
Bergabung menjadi mitra GoFood menjadi salah satu bentuk strategi pemasaran yang cukup ampuh. Sebab pemilik usaha bisa memasarkan produk secara lebih luas dan berkembang. Bahkan bagi Anda yang memiliki usaha rumahan bisa lebih mudah mendongkrak omzet penjualan.
Dokumen yang Perlu Disiapkan untuk Daftar GoFood
Sebelum masuk ke cara daftar GoFood usaha rumahan, perhatikan beberapa syarat, ketentuan dan dokumen yang diperlukan saat mendaftar menjadi mitra GoFood. Berikut dokumen yang perlu disiapkan:
- KTP pemilik usaha
- NPWP (opsional)
- Nomor dan nama rekening bank yang digunakan
- Jika dokumen sudah lengkap, Anda bisa mengisi formulir pendaftaran GoFood di aplikasi GoBiz
Syarat dan Ketentuan yang Diperlukan
Untuk menjadi mitra GoBiz, perhatikan juga syarat dan ketentuan yang diperlukan. Berikut di antaranya:
• Bagi usaha perorangan maupun badan usaha, wajib melengkapi persyaratan pendaftaran
• Melengkapi alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif
• KTP asli dan bisa terbaca jelas
• Data yang tertera di KTP terdaftar di Dukcapil
• Fisik KTP tidak rusak
• Saat mengambil foto KTP, pastikan KTP pas ada di dalam kotak foto yang tersedia
• Foto diri sesuai ketentuan
Cara Daftar GoFood Usaha Rumahan
Cara daftar GoFood untuk UMKM perlu diketahui agar bisa membuka usaha rumahan. Layanan GoFood membantu pelaku UMKM menjangkau pelanggan secara lebih luas. Berikut cara daftar GoFood:
- Unduh aplikasi GoBiz di Playstore (Android)
- Klik daftar GoBiz
- Pilih jenis pendaftaran misalnya untuk usaha milik pribadi
- Isi data data pemilik dengan benar seperti nama, nomor telepon dan email.
- Jika sudah silakan klik kirim data pemilik.
- Masukkan kode OTP
- Klik konfirmasi, Anda akan diarahkan untuk mengisi kelengkapan data pemilik usaha dengan beberapa dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. Isi data dengan benar dan lengkap.
- Jika data sudah terisi, silakan klik verifikasi data usaha saya.
- Jika sudah muncul pop-up konfirmasi, pastikan data sudah sesuai lalu klik kirm.
- Jika semua data usaha sudah dikirim, pihak Gojek akan melakukan proses verifikasi dalam waktu sekitar dua hari kerja.
Data usaha yang sudah disetujui, mitra GoFood akan memperoleh notifikasi di aplikasi dan email yang telah didaftarkan. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan proses aktivasi layanan yang dipilih. Apabila data usaha belum disetujui atau memerlukan perbaikan, silakan klik “perbaiki data usaha” kemudian lihat alasannya dan segera perbaik data usaha.
Aktivasi Layanan GoBiz
Apabila semua data sudah berhasil diverifikasi, proses aktivasi berbeda untuk masing-masing produk. Berikut waktu yang diperlukan untuk aktivasi:
- Layanan GoPay: Proses aktivasi memerlukan 7 hari kerja
- Layanan GoKasir: Proses aktivasi memerlukan waktu satu hari kerja
Jika layanan sudah aktif maka akan berubah menjadi sudah aktif. Setelah itu, mitra usaha sudah bisa menggunakan GoBiz untuk menjalankan usaha.
Keuntungan GoBiz untuk Bisnis Kuliner Online
GoBiz merupakan aplikasi yang diperuntukkan khusus untuk Mitra Usaha Gojek. Aplikasi GoBiz memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah proses bisnis kuliner online. Berikut keuntungan GoBiz untuk bisnis kuliner online:
1. Mengatur Jadwal Operasional
Untuk mengatur jadwal operasional restoran, GoBiz menawarkan dua fitur untuk membantu mitra GoBiz. Jika sedang ada alasan mendesak, bisa menutup restoran dengan menggunakan fitur force close, bisa dicari pada halaman menu dan temukan pilihan “Status di GoFood” lalu geser button.
Mengatur jadwal operasional yang lebih pasti, mudah untuk dilakukan. Dengan fitur “Jam Operasional”, Anda bisa menentukan jam buka dan tutup restoran setiap harinya.
2. Atur Tambahkan Menu dengan Mudah dan Cepat
Menambahkan menu-menu baru dan melakukan perubahan menu bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Penjual bisa menambahkan menu atau kategori menu dengan menggunakan fitur “Pengaturan Menu”. Apabila ingin mengubah detail menu, dengan fitur ini, Anda bisa secara instan mengubah nama, deskripsi harga dan foto menu.
3. Tandai Ketersediaan Stok untuk Mengurangi Jumlah Pembatalan Pesanan
Pesanan online kerap terpaksa dibatalkan karena restoran sudah kehabisan persediaan untuk menu tertentu sedangkan pelanggan sudah terlanjur memesan. Pastinya pelanggan akan mudah merasa kecewa karena hal ini. Melalui aplikasi GoBiz, penjual bisa menandai menu yang sudah tidak tersedia.
4. Cek Jumlah Pendapatan dengan Lebih Mudah
Sama halnya dengan “Daftar Pesanan”, “Riwayat Transaksi” akan memudahkan penjual melihat semua transaksi yang masuk dengan baik. Dengan begitu, mengetahui jumlah keuntungan penjualan bisa jadi lebih mudah.
Cara daftar GoFood usaha rumahan di atas perlu Anda perhatikan agar proses pendaftaran menjadi lebih cepat dan efisien. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP dan nomor rekening bank yang tedaftar. Pastikan data-data lain yang dimasukan seperti alamat dan nomor telepon sudah benar.