Cara Daftar GoFood Melalui Ponsel

Layanan pesan antar ini memudahkan pemilik usaha kuliner dalam menjangkau lebih banyak konsumen dan lebih dikenal. Berikut cara daftar GoFood secara online melalui ponsel
Dwi Latifatul Fajri
24 Agustus 2021, 18:25
Cara Daftar Gofood Melalui Ponsel
GoTo
Gojek merger dengan Tokopedia menjadi GoTo

Kemudahan teknologi jadi salah satu alasan orang tidak ragu lagi terjun ke industri kuliner. Adanya perusahaan rintisan atau startup seperti Gojek, semakin memudahkan pekerja bisnis kuliner dalam hal layanan pesan antar. Layanan tersebut juga memudahkan pemilik usaha kuliner dalam menjangkau lebih banyak konsumen dan menjadi lebih dikenal masyarakat banyak. Berikut cara daftar GoFood melalui ponsel.

Aplikasi Gojek menyediakan berbagai fitur, salah satunya layanan pesan antar makanan GoFood. Melalui pendaftaran dan beberapa persyaratan, Anda yang memiliki usaha dibidang kuliner dapat mendaftarkan bisnisnya di GoFood. Selanjutnya, calon pembeli dapat memilih makanan dan pesanan diantarkan melalui driver Gojek sesuai pesanan di aplikasi.

Fitur GoFood sendiri memudahkan konsumen untuk membeli makanan melalui laman pencarian. Selain itu, pembeli bisa membandingkan harga dan mendapat potongan harga alias promo menarik untuk pembelian makanan. GoFood juga memudahkan konsumen karena tidak perlu menuju lokasi untuk mendapatkan pesanananya.

Berikut cara mendaftar GoFood Online melalui ponsel.

  • Buka website https://campaign.gobiz.co.id/daftar-gofood-perusahaan/. Pada laman website, Anda dapat memilih outlet restoran perorangan atau restoran perusahaan.
  • Pastikan Anda membaca secara teliti untuk ketentuan pendaftaran. Pada bagian personal, pengguna dianjurkan mengunduh aplikasi GoBiz untuk pendaftaran. Sementara untuk restoran atau perusahaan membutuhkan beberapa persyaratan lainnya. Untuk tempat makan berbadan hukum terpisah seperti PT, CV atau Yayasan. Restoran tersebut dikategorikan sebagai mitra usaha GoFood perusahaan.
  • Jika Anda memilih mitra usaha GoFood, sebelum mengisi formulir pendaftaran, persiapkan beberapa dokumen yang sudah disalin dalam bentuk scan atau digital. Dokumen tersebut antara lain:

1. Surat Izin Usaha
SIUP/TDUP/Tanda Daftar Yayasan.

Advertisement

Jika perusahaan didirikan sebelum tahun 2007, mohon lampirkan Akta Penyesuaian terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007.

2. Akta Pendirian Usaha
E-KTP untuk WNI atau Paspor dan KITAS yang masih berlaku untuk WNA.

3. Identitas Direktur Perusahaan yang Berlaku
4. Alamat Surat Menyurat Perusahaan
5. NPWP Perusahaan
6. Foto Halaman Pertama Buku Tabungan,
Atau halaman internet banking yang menunjukkan nama bank, nomor rekening, dan nama pemilik rekening.

7. Surat Pernyataan Otorisasi

Wajib melampirkan nama pemilik rekening "Tidak Sama Dengan" nama perusahaan sesuai Akte. Untuk template Surat Pernyataan Otorisasi dapat diunduh di laman website Gobiz.

Jika Anda memilih untuk usaha perorangan, di aplikasi GoBiz perlu memperhatikan beberapa langkah seperti melengkapi identitas dan data usaha. Beberapa data perorangan di usaha kuliner yang perlu diverifikasi seperti :

1. Data pemilik sesuai KTP

Termasuk mencantumkan NIK, nama, alamat, serta tanggal lahir pada aplikasi GoBiz. Pastikan foto KTP dan data diri sesuai gambar.

2. Rekening bank

Anda perlu mencantumkan nama bank, nama pemilik dan nomor rekening untuk pencairan dana usaha.

3. Rincian data usaha

Untuk syarat ini, Anda cukup mencantumkan nama usaha dan rincian data NPWP.

4. Informasi outlet usaha

Seperti Alamat usaha, patokan di sekitar outlet, dan foto outlet usaha untuk mempermudah pembeli dan driver mencari tempat makan. Pastikan Anda mengunggah foto outlet makanan dari luar, terlihat jelas, memiliki pencahayaan bagus, dan nama outlet makanan terlihat jelas pada foto. Selain itu, cantumkan alamat rumah makan pada peta.

5. Pilih layanan pesan antar

Tahap terakhir adalah mempelajari keuntungan & ketentuan dari setiap layanan. Pastikan sudah memberi centang pada layanan/fitur seperti GoFood, GoPay, POS di bagian kanan layar. Setelah itu, tim aplikasi Gojek melakukan proses verifikasi kurang lebih dua hari untuk proses pendaftaran usaha kuliner.

Biasanya, akan ada pemberitahuan jika data usaha sudah disetujui dan butuh diperbaiki. Untuk perbaikan data, dilakukan sebanyak maksimal 3 kali dalam 14 hari. Apabila data tidak segera diperbaiki sesuai waktu tersebut, maka outlet restoran akan dihapus.

  • Jika data ditolak, biasanya akan ada alasan menolak data usaha di GoFood.
  • Jika data sudah disetujui oleh tim, maka akan mendapatkan pemberitahuan untuk melanjutkan proses layanan aktivasi atau produk.
  • Setelah tahap verifikasi, ada proses aktivasi. Anda dapat mengunggah produk makanan, memberi deskripsi dan harga makanan.

Untuk layanan Go Pay sendiri biasanya membutuhkan waktu 7 hari kerja setelah proses aktivasi. Sementara itu untuk fitur POS akan aktif secara langsung setelah akun terverifikasi.

Pada layanan Go Food, Anda juga perlu melengkapi data secara lengkap dan benar. Proses layanan GoFood sendiri memakan waktu dua hari kerja. Selesai proses aktivasi, pengguna GoFood bisa menambahkan profil restoran, jam operasional kerja, dan daftar menu restoran.

Itulah beberapa tahapan untuk mendaftar GoFood. Pastikan identitas sesuai dengan persyaratan dan kebijakan pada aplikasi Gojek.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait