Cara Daftar GoFood Tanpa NPWP Melalui Aplikasi GoBiz

Aplikasi Gojek memudahkan pengguna dalam transportasi maupun pesan antar makanan. Salah satu aplikasi buatan Gojek adalah GoBiz. Berikut cara daftar GoFood tanpa NPWP melalui aplikasi GoBiz.
Dwi Latifatul Fajri
24 Agustus 2021, 15:57
Cara Daftar GoFood Tanpa NPWP Melalui Aplikasi GoBiz
gojek
Ilustrasi GoFood.

Kehadiran  Gojek memudahkan pengguna dalam transportasi maupun pesan antar makanan. Salah satu aplikasi yang perusahaan kembangkan adalah GoBiz. Aplikasi ini membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.  

GoBiz digunakan untuk pemilik usaha, termasuk pula mitra usaha GoFood. Untuk informasi lebih rinci soal ini, Anda dapat mengakses https://campaign.gobiz.co.id/daftar-gofood-perusahaan/.

Langkah pertama untuk menjadi mitra usaha adalah mengunduh aplikasi GoBiz. Pengguna lalu mempersiapkan beberapa persyaratan untuk prosese pendaftaran. Formulir yang harus diisi di aplikasi GoBiz adalah:

  • Kartu tanda penduduk atau KTP pemilik usaha (wajib).
  • Nomor pokok wajib pajak atau NPWP pemilik usaha (opsional dan wajib jika ada tarif pajak bangunan 1 atau PB1).
  • Nomor rekening pemilik usaha untuk pencairan dana usaha.
  • Alamat surat elektronik atau email  aktif.
  • Nomor telepon seluler atau ponsel untuk masuk atau login GoBiz.
  • Swafoto atau selfie dengan KTP jika terdapat kerusakan pada kartu identitas.
  • Foto buku rekening bank, untuk data pemilik jika tidak sama dengan identitas nama pemilik rekening bank.

Setelah mengisi data di GoBiz, akun akan diverifikasi. Setelah selesai, pengguna dapat melakukan pendaftaran GoFood dan GoPay. Perlu diketahui, saat ini aplikasi GoBiz hanya bisa dilakukan menggunakan KTP, sehingga warga negara asing atau WNA belum bisa melakukan pendaftaran.

Advertisement

 

Cara Daftar GoFood Tanpa NPWP

NPWP tidak menjadi syarat wajib ketika menjadi mitra GoBiz. Berikut cara mendaftar GoFood tanpa NPWP di aplikasi GoBiz:

  1. Pengguna wajib mengisi persyaratan pendaftaran untuk usaha perorangan maupun badan usaha.
  2. Email belum pernah dipakai outlet lain yang sudah terdaftar di GoBiz.
  3. Nomor ponsel terdaftar aktif dan bisa digunakan untuk menerima pesan singkat atau SMS, serta belum pernah terdaftar untuk outlet GoBiz lainnya.
  4. Data KTP dapat terbaca dengan jelas. Pastikan data KTP terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
  5. Isi formulir selengkap mungkin.
  6. Perlu diperhatikan untuk pengisian NPWP, apabila usaha makan Anda memiliki tarif PB1, mohon lampirkan NPWP. Jika tidak, Anda tidak perlu melampirkan NPWP.
    PB1 adalah pajak yang dikenakan atas pelayanan yang diberi restoran pada pelanggan atau service charge. Pajak restoran berbeda dengan pajak pertambahan nilai atau PPN. Pajak restoran sebelumnya disebut pajak bangunan 1 (PB1), serta dipungut oleh pemerintah daerah.
  7. Pastikan masa berlaku KTP yang dilampirkan. KTP dalam kondisi bagus, tidak terpotong di sisi mana pun, serta harus terbaca dengan jelas dan tidak buram (khususnya untuk KTP, buku tabungan, dan foto selfie dengan KTP)

Setelah selesai mengisi GoBiz, biasanya akan ada pilihan pendaftaran GoFood secara pribadi dan perusahaan. Silakan memilih salah satu dan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Aplikasi GoBiz untuk usaha perseorangan

Untuk usaha perseorangan, pengguna dapat mengunduh GoBiz melalui aplikasi dan melakukan pendaftaran kemudian melengkapi data usaha. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. NIK, nama, alamat, tanggal lahir.
  2. Nama usaha dan rincian data lampirkan jika ada NPWP.
  3. Nama bank, nama pemilik, dan nomor rekening untuk pencairan dana usaha.
  4. Alamat usaha, patokan di sekitar outlet, dan foto outlet usaha Anda dari luar.

Proses Verifikasi GoFood

Setelah registrasi, proses selanjutnya adalah verifikasi dan aktivasi. Biasanya data usaha membutuhkan waktu dua hari kerja untuk proses verifikasi. Pastikan Anda membaca proses aktivasi usaha GoFood.

Ada tiga pemberitahuan ketika proses verifikasi selesai, yaitu:

  1. Pemberitahuan usaha disetujui
    Setelah mengisi dokumen, biasanya Anda akan mendapat pemberitahuan melalui email dan aplikasi GoBiz. Pemberitahuan yang muncul adalah "Selamat, data usahamu sudah disetujui". Kemudian, Anda dapat memulai aktivasi dan menggunakan berbagai fitur di GoBiz. Khusus layanan GoFood diharuskan melengkapi data informasi restoran, deskripsi, foto, dan aktivitas di GoFood.
  2. Pemberitahuan usaha belum disetujui
    Jika usaha belum disetujui karena data usaha yang Anda masukkan tidak sesuai, maka akan muncul alasan dan beberapa ketentuan pendaftaran GoBiz. Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email, dan aplikasi GoBiz untuk perbaikan. Pendaftaran dihapus otomatis apabila data usaha masih belum diperbaiki dalam 14 hari kerja sejak verifikasi data usaha Anda ditolak atau melakukan perbaikan data usaha lebih dari tiga kali. Jika pendaftaran Anda terhapus otomatis, maka lakukan pendaftaran ulang melalui aplikasi GoBiz. 
  3. Pendaftaran ditolak
    Jika data ditolak akan muncul pemberitahuan dan artikel ulasan mengapa proses pendaftaran ditolak. Anda dapat membaca terebih dahulu artikel dan mengajukan permohonan untuk proses verifikasi kembali.

Ada beberapa alasan mengapa proses verifikasi ditolak ketika mendaftar di GoBiz, yaitu:

1. Data di KTP tidak sesuai dengan nama, NIK, dan kesesuaian data lain.
2. Foto diri dan foto yang tertera di KTP tidak sesuai.
3. Data pemilik sebelumnya sudah terdaftar di GoBiz.

Itulah informasi cara mendaftar GoFood tanpa NPWP di aplikasi GoBiz. Pastikan data sesuai ketika melakukan pendaftaran supaya akun di GoFood bisa aktif.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait