2 Contoh Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan
Contoh riwayat hidup merupakan dokumen penting saat akan melamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup dikenal juga dengan sebutan Curriculum Vitae (CV) yaitu dokumen yang berisi rincian kualifikasi dan profesional seseorang. Mulai daridata diri, pendidikan, keahlian dan riwayat pekerjaan.
Daftar riwayat hidup menjadi dokumen wajib yang diminta oleh perusahaan saat akan melamar pekerjaan. Karena itu, membuat daftar riwayat hidup yang baik dan menarik merupakan sesuatu hal yang penting agar bisa diterima oleh perusahaan.
Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup
Sebelum masuk ke contoh riwayat hidup untuk lamaran pekerjaan, apa perbedaan CV dan daftar riwayat hidup? Biasanya Curriculum Vitae atau CV disebut juga sebagai daftar riwayat hidup namun saat membahas perbedaan antara keduanya, ada perbedaan pada kelengkapan isi.
Isi CV ditulis lengkap dan kronologis karena tujuannya untuk menjelaskan riwayat hidup selengkap-lengkapnya. Biasanya isi CV juga lebih fokus pada latar belakang dan pengalaman profesional atau pendidikan. Sementara daftar riwayat hidup ditulis singkat.
Riwayat hidup ditulis secara singkat karena sebagai pengenalan diri saja. Yang mana dokumen daftar riwayat hidup ini hanya memuat informasi riwayat hidup seseorang secara singkat dan hanya mencantumkan poin-poin penting saja.
Contoh Riwayat Hidup untuk Lamaran Pekerjaan
Berikut 2 contoh riwayat hidup yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan:
1. Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Lulusan SMA
Daftar Riwayat Hidup
Nama: Nabila Putri
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 12 April 1998
Alamat: Jl. Riau Nomor 20
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Nomor Handphone: 085367889xxx
Email: nabilaputri@gmail.com
Riwayat Pendidikan:
• SD Negeri 2 Bandung (2004-2010)
• SMP Negeri 1 Bandung (2010-2013)
• SMA Negeri 5 Bandung (2013-2016)
Keahlian:
1. Public Speaking
2. Mengoperasikan Ms. Office (Word, Excel dan Power Point)
Prestasi:
1. Juara 1 Membaca Berita Se-Priangan Timur
2. Juara 2 Membaca Berita Se-Provinsi Jawa Barat
Pengalaman Organisasi:
1. Ketua OSIS SMA Negeri 5 Bandung (2014-2015)
2. Ketua Organisasi Pelajar SMA Kota Bandung (2014-2015)
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Bandung, 09 November 2023
Hormat Saya,
Nabila Putri
2. Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk yang Pernah Bekerja
Daftar Riwayat Hidup
Saya yanga bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Noval Putra
Jenis Kelamin: Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 5 Juni 1998
Alamat: Jl. Mahmud No. 5, Jakarta Selatan
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Nomor Handphone: 082113567xxx
Email: Novalputra@gmail.com
Pendidikan:
• SD Negeri 01 Jakarta Selatan (2004-2010)
• SMP Negeri 03 Jakarta Selatan (2010-2013)
• SMA Al-Azhar Jakarta Selatan (2013-2016)
• Engineering, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta (2016-2020)
IPK: 3.51
Pengalaman Organisasi:
1. Ketua Osis SMA Al-Azhar (2014-2015)
2. BEM Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta (2017-2018)
Minat dan Keahlian:
1. Ms. Office
2. Permesinan
3. Corel draw dan photoshop
Pengalaman Kerja
1. PT. Teknik Sejahtera Jaya Sebagai Engineering (2020-2021)
2. PT. Maju Jaya Teknik Sebagai Manajer Mesin (2021-2023)
Demikian daftar riwayat hidup ini saya, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta, 09 November 2023
Hormat Saya,
Noval Putra
Isi Daftar Riwayat Hidup
Isi riwayat hidup ada dalam beberapa versi dan format tetapi tidak semua orang bisa menyebutkan apa saja isinya. Berikut rincian isi daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan:
• Data Pribadi: Memuat nama lengkap, nomor telepon, alamat, email dan tempat, tanggal lahir.
• Pendidikan: Memuat riwayat pendidikan formal termasuk jenjang pendidikan, nama sekolah atau universitas, program studi, tahun lulus dan IPK.
• Pengalaman Kerja: Pengalaman kerja sebelumnya termasuk nama perusahaan, posisi yang diambil, tanggung jawab dan durasi kerja.
• Pengalaman organisasi: Memuat informasi organisasi yang pernah diikuti, jabatan yang dipegang, tanggung jawab dan durasi keanggotaan.
Fungsi Daftar Riwayat Hidup
Daftar riwayat hidup digunakan dalam proses rekrutmen dan pemilihan karyawan. Informasi ini membantu HRD dan calon karyawan untuk mempromosikan diri secara efektif kepada perusahaan. Berikut fungsi riwayat hidup:
1. Screening Calon Karyawan
Dokumen daftar riwayat hidup membantu HRD untuk melakukan screening singkat mengenai kompetensi dan kualifikasi calon karyawan. HRD bisa dengan cepat mengevaluasi latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan untuk posisi dibuka.
2. Menjelaskan Identitas Diri
Daftar riwayat hidup memberikan gambaran singkat mengenai identitas seseorang, termasuk keahlian dan pendidikan. Informasi ini membantu HRD dalam memahami karakter dan kompetensi calon karyawan dalam konteks pekerjaan atau posisi yang dilamar.
3. Mendeskripsikan Kemampuan Profesional
Fungsi daftar riwayat hidup berikutnya ialah memaparkan kemampuan profesional terkait posisi yang dilamar. Hal ini mencakup kemampuan soft skill seperti kemampuan komunikasi dalam tim, kepemimpinan dan keterampilan teknis yang relevan dengan pekerjaan tersebut.
4. Memaparkan Pengalaman Kerja dan Organisasi
Daftar riwayat hidup juga digunakan untuk menggambarkan pengalaman kerja dan organisasi. Informasi ini bisa memberikan bukti konkret mengenai kemampuan bekerja, baik sebagai individu maupun tim. Dengan begitu, bisa membantu HRD dalam menilai kemampuan calon karyawan yang berkontribusi dalam lingkungan kerja.
Demikian 2 contoh riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Sebelum mengirimkan daftar riwayat hidup, sebaiknya cek kembali untuk memastikan kebenaran dan kelengkapan isinya.