Strategi Promosi Produk UMKM via Medsos ala Kreator Konten

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
9 Desember 2023, 20:06
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mempelajari strategi promosi dari kreator konten.
BRI
Pengunjung melewati salah satu stan UMKM pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 di Jakarta Convention Center, Kamis (7/12/2023).

Promosi produk bisa dilakukan via media sosial (medsos). Strategi ini marak dilakukan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kreator konten Reza Pahlevi mengatakan, dirinya kerap membantu promosi produk UMKM sejak tahun 2014. Saat itu ia bekerja sama dengan brand yang sudah terkenal maupun yang baru dirintis. Bahkan, saat pandemi COVID-19, Reza bersama sejumlah social media influencer lain berinisiatif membantu pelaku UMKM untuk melakukan promosi secara gratis.

“Saat itu tahun 2020. Ternyata feedback-nya bagus bagi pelaku UMKM. Banyak yang beli dan banyak yang lihat produknya,” katanya di sela acara Ngobrol Pintar BRILIANPRENEUR di Jakarta Convention Center, sebagaimana dikutip dalam siaran pers pada Sabtu (9/12).

Pada diskusi yang menjadi bagian dari rangkaian UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 itu, Reza mengatakan kolaborasi adalah kunci pelaku UMKM untuk memenangkan persaingan di era digital. Sebab, banyak produk UMKM yang belum terekspos, padahal produk tersebut berkualitas tinggi.

Menurut Reza, sebelum menggunakan medsos untuk memasarkan produk, pelaku UMKM harus tahu seperti apa branding produknya. Target pasar, audiens, kompetitor, kelebihan dan kekurangan, serta ciri khas produk harus dirinci terlebih dahulu. Hal ini agar strategi pemasaran melalui medsos bisa lebih efektif.

Reza mencontohkan, produk keripik pedas kerap identik dengan warna merah. Postingan produk pada akun medsos bisa ditambahkan desain yang didominasi warna merah. Untuk itu, penting agar pelaku UMKM mengetahui identitas produknya dan melakukan riset mengenai strategi branding yang tepat.

“Kita harus punya tujuannya, punya target. Produk itu seperti diberi nyawa,” ujar Reza. Kemudian, eksposur produk melalui medsos harus dilakukan dengan konsisten. Dinamika dunia medsos sangat cepat, sehingga pelaku UMKM perlu mengunggah minimal satu konten setiap hari.

Ini agar brand dan produk lain yang terkait tetap dimunculkan dalam algoritma medsos. Oleh karena itu, kreator konten biasanya membuat rencana berkelanjutan. “Misalnya, bikin daftar membuat konten selama 30 hari ke depan. Minggu pertama terkait produk, berikutnya soal tempat kita berjualan, kemudian testimoni konsumen,” jelas Reza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement