Jokowi Pastikan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Sudah Siap Digelar

Lona Olavia
7 Mei 2023, 16:55
Jokowi Pastikan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Sudah Siap Digelar
Antara
\Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu (7/5/2023). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah siap dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan.

"Tinggal dua hari lagi, sudah siap, semuanya sudah siap, siap semua. Kami kemarin terakhir sudah (cek), habis Lebaran kami cek. Artinya, ini tinggal pelaksanaan," kata Jokowi di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu (7/5) sore dikutip dari Antara.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Minggu, pukul 15.32 WITA, dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Setibanya di Bandara Komodo, Jokowi dan Iriana disambut Tarian Tiba Meka yang akan menjadi tarian penyambutan bagi para delegasi KTT ASEAN 2023.

Sebanyak 14 penari yang merupakan gabungan siswi-siswi SMKN 3 Komodo serta beberapa SMA dan SMP di Labuan Bajo membawakan tarian tersebut di hadapan Jokowi dan Iriana.

Dalam ketibaannya di Labuan Bajo, Jokowi dan Iriana disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga sempat tersenyum ringan saat menerima pertanyaan dari wartawan perihal kedatangannya untuk berkantor di Labuan Bajo. Jokowi pun meminta semua elemen untuk berkonsentrasi pada pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN.

"Berkantor di mana? Memang pelaksanaan KTT-nya di sini. Konsentrasi, konsentrasi, konsentrasi di ASEAN Summit-nya. Semua kementerian dan lembaga berkonsentrasi di ASEAN Summit-nya," ujar Jokowi.

Di sisi lain, Presiden Jokowi menyebut persoalan Myanmar akan dibahas secara khusus dalam KTT ASEAN. "Secara khusus akan dibahas, tapi acuan kita tetap untuk Myanmar. Acuan kita tetap five point concensus, tetap jadi acuan tetapi harus dengan dialog, karena menurut saya sanksi itu bukan sebuah solusi," katanya.

Untuk persoalan Myanmar, Jokowi berharap agar konflik di sana dapat segera diselesaikan. Kemudian, dia mengatakan bantuan kemanusiaan harus sampai kepada rakyat Myanmar.

"Yang ketiga, dialog yang penting, yang aktif tidak hanya di sini, tapi juga di Myanmar sendiri sudah harus aktif untuk berperan dalam dialog-dialog yang kita lakukan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menekankan Indonesia mengutamakan prinsip kolaborasi dan kerja sama dalam Keketuaan ASEAN 2023 yang mulai digelar pada Selasa (9/5) di Labuan Bajo. Dia ingin penyelesaian setiap masalah di wilayah ASEAN dapat mengutamakan prinsip dialog.

"Dialog sangat penting sekali, terutamanya di dalam masalah Myanmar," kata Jokowi.

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...