2023 Tahun Menarik Bagi yang Mengincar Dividen, Ini Daftar Sahamnya

Dividen tinggi akan dinikmati oleh para pemegang saham di tahun ini. Terutama bagi mereka yang memiliki saham di sektor keuangan dan energi.
Lona Olavia
19 Januari 2023, 07:09
2023 Tahun Menarik Bagi yang Mengincar Dividen, Ini Daftar Sahamnya
Freepik
Ilustrasi, menghitung dividen.

Pembagian dividen diprediksi akan kembali tinggi di tahun ini. Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo mengatakan, tahun 2023 akan menjadi tahun yang menarik bagi investor yang mengincar dividen saham.

Pernyataan itu dilandasi dari tren positif pembagian dividen secara tahunan dan pertumbuhan kinerja sejumlah emiten di Tanah Air. Adapun pembayaran dividen tahun 2022 dari sejumlah emiten mengalami perbaikan dari tahun 2021 yang kelam.

Tahun lalu total dividen yang dibayarkan oleh perusahaan tercatat mencapai Rp 226 triliun atau melonjak 57,9% secara tahunan dari Rp 143,1 triliun pada tahun sebelumnya. Adapun imbal hasil dividen Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2022 tercatat sebesar 2,5%, naik dari 1,9% pada 2021.

Secara keseluruhan, ini sesuai dengan proyeksi, di mana 26 dari 28 saham mencapai ekspektasinya dengan rata-rata imbal hasil sebesar 10,5%.

Dari segi imbal hasil juga telah melewati estimasi Mirae Asset pada posisi 8,9%. Di mana rerata imbal hasil yang terealisasi sebesar 10,5%. 

Sementara terkait sektor, Handiman melihat peningkatan kinerja yang signifikan di sektor energi dan keuangan. Sehingga sektor ini bisa memberikan dividen yang paling menarik untuk tahun ini.

“Jika anda mencari imbal hasil dividen yang sangat tinggi, jangan mencari di tempat lain selain sektor energi, terutama di tahun 2023,” katanya dalam risetnya Kamis (19/1).

Berinvestasi adalah memiliki bisnis dan menuai keuntungan dari pertumbuhannya. Keuntungannya diperoleh dalam bentuk pertumbuhan bisnis dan dividen.

Berikut ini adalah rekomendasi atau pilihan saham dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang dibagi dalam tiga kategori:

Pilihan saham musim dividen:

ADMF, ADRO, ARNA, ASDM, ASII, AUTO, BBRI, BJBR, BJTM, BLUE, BMRI, BNGA, BSSR, CEKA, CLPI, DLTA, DMAS, DRMA, DSNG, ELSA, EPMT, PERMATA, GGRM, HEXA, HMSP, HRTA, INDY, IPCC, IPCM, ITMG, KKGI, LPPF, LTLS, MARK, MBAP, MEDC, MERK, MFIN, MPMX, NRCA, PANS, PBID, PGAS , POWR, PTBA, SMAR, SMSM, SPTO, TAPG, TLKM, TOTL, TOTO, TUGU, dan UNTR.

Pilihan saham growth stock:

ACES, ADMF, AKRA, ARNA, ASGR, BBCA, BBRI, BJBR, BJTM, BMRI, BNGA, CLPI, DLTA, DVLA, EKAD, FISH, ICBP, IFII, INDF, KLBF, LPGI, MEGA, MERK, MFIN, MTDL, MYOR, PBID, POWR, PRDA, SCCO, SIDO, SMSM, TGKA, TLKM, TSPC, dan TOWR.

Pilihan saham dividen yield tinggi:

ADRO, BSSR, GEMS, HEXA, ITMG, MBAP, MPMX, NRCA, PTBA, TOTL, dan UNTR.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait