Peritel Modern dan Pusat Belanja Minta Buka Usaha Saat PPKM Level 4

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Juli 2021, 18:16
ppkm level 4, ppkm, ritel modern, pusat belanja, covid-19
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana penjualan offline handphone di Roxy Square, Jakarta (11/11/2019). Roxy Square tutup menyusul pelaksanaan PPKM Level-4.

Pengusaha ritel berharap mendapatkan perlakuan yang sama seperti warung dan pasar tradisional , sehingga dapat membuka gerainya selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Pemerintah memutuskan memperpanjang  PPKM  Level- 4 hingga Minggu (25/7). Pemerintah juga memberikan sejumlah relaksasi selama PPKM Level-4, seperti mengizinkan warung, pasar tradiosional, dan toko kelontong membuka usahanya dengan  tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey berharap sektor ritel modern dan pusat perbelanjaan juga diberikan relaksasi yang sama. Adapun sektor ritel modern yang dimaksud  seperti minimarket, supermarket, department store, hypermarket dan grosir yang berbentuk toko dengan sistem pelayanan mandiri.

“Kami mohon yang termasuk dalam lima kategori tersebut juga diizinkan kembali beroperasi, baik yang di dalam mal maupun di luar mal,” kata Roy dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7).

 Ia berpendapat selama ini sektor ritel dan pusat perbelanjaan bukan merupakan klaster penyebaran Covid-19 karena baik pengelola pusat belanja maupun ritel sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Roy menambahkan pusat perbelanjaan juga bisa memantau jumlah pengunjung sehingga dapat menghindari adanya kerumunan.

“Dari adanya PPKM kami sudah menyiapkan program untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, kami juga bisa menghitung setiap kepala yang masuk ke dalam toko maupun pusat belanja,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...