Tak Cuma Indonesia, WHO Susun Peta Jalan Prokes Hidup Bersama Covid-19

Rizky Alika
10 Agustus 2021, 21:37
who, prokes covid-19, protokol kesehatan, roadmap prokes hidup bersama covid
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021). Pemerintah tengah menyusun peta jalan protokol kesehatan agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Pemerintah tengah menyusun peta jalan (roadmap) protokol kesehatan agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, bukan hanya Indonesia yang menyusun strategi jangka panjang dalam menghadapi  Covid-19.

"Negara lain dan organisasi internasional seperti Bank Dunia dan WHO tengah siapkan panduan baik dari sisi kesehatan dan ekonomi," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (8/10).

Wiku menambahkan penyusunan roadmap sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang menilai masyarakat harus beradaptasi dengan situasi pandemi. Sebab, Covid-19 akan hidup dalam rentang waktu yang tidak sebentar.  Sebagai bagian dari upaya penyusunan roadmap, pemerintah  terus memantau perkembangan kasus Covid-19 secara aktual. Dengan demikian, pemerintah dapat mengambil kebijakan secara tepat, baik dalam penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

"Untuk itu upaya terbaik yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan upaya pengendalian secara paralel untuk proteksi maksimal," ujar dia.

 Terpisah, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan pemerintah tengah melakukan finalisasi pilot project protokol kesehatan tersebut.  Namun, dia enggan menjelaskan lebih rinci seperti apa penerapan pilot project protokol kesehatan itu.

"Sedang difinalkan teknis pelaksanaannya," kata Nadia kepada Katadata.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin (9/8), mengatakan Presiden Jokowi telah meminta jajarannya untuk menyusun peta jalan protokol kesehatan untuk 6 kategori, mulai dari mal hingga kantor. Langkah itu diambil karena Presiden Jokowi  memprediksi masyarakat Indonesia akan hidup berdampingan dengan Covid-19 dalam waktu yang cukup lama. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...