Kunjungan ke Mal Naik 10% Sejak Anak-anak Boleh Masuk ke Pusat Belanja

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 September 2021, 16:30
mal, anak
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/wsj.
Seorang ibu bersama anaknya mengunjungi pusat perbelanjaan Senayan city di Jakarta, Rabu (22/9/2021). Pemerintah mulai mengizinkan anak berusia kurang dari 12 tahun untuk memasuki kawasan pusat perbelanjaan dengan pengawasan orang tua di lima kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya seiring telah terkendalinya kasus COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/wsj.

Pemerintah memberikan pelonggaran dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 4 Oktober mendatang, dengan melakukan uji coba mengizinkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke mal dan pusat perbelanjaan. 

Ketua  Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, pelonggaran untuk anak usia di bawah 12 tahun membawa dampak terhadap kenaikan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan.

Sejak diberlakukannya pelonggaran tersebut, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan terus bergerak naik.

“Sampai dengan akhir pekan kemarin, ada peningkatan kunjungan sebesar 5-10% jika dibandingkan dengan sebelum diberlakukannya pelonngaran untuk anak usia di bawah 12 tahun,” kata Alphonzus kepada Katadata, Selasa (28/9).

Alphonzus mengatakan, sebelum ada pelonggaran tersebut,tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan stagnan di angka 35%.

Oleh karena itu, tren peningkatan kunjungan tersebut diapresiasi oleh para pelaku usaha. Meskipun lambat dan bertahap, dengan tren yang semakin meningkat pelaku usaha juga terus mengalami perbaikan pendapatan.

Namun, ia berharap uji coba tersebut bisa dilakukan di berbagai kota lainnya selain di DKI Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya.

Selain itu, ia mengharapkan tempat bermain anak dan tempat hiburan lain yang berada di pusat perbelanjaan dapat segera diizinkan untuk kembali beroperasi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...