PHRI Ingin Subsidi Harga Hotel, Sertifikasi CHSE Untungkan Surveyor

Image title
Oleh Maesaroh
28 September 2021, 21:43
subsidi, hotel, CHSE
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi hotel. Pengusaha hotel menilai sertifikasi CHSE memberatkan dan kurang menguntungkan.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menilai subsidi pemerintah akan lebih berguna jika dialokasikan untuk memberikan potongan harga hotel daripada dihabiskan untuk subsidi sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Jakarta Sutrisno Iwantono mengatakan CHSE hanyalah marketing gimmick dan tidak mampu menjadi daya tarik pengunjung hotel.

"Subsidi harga lebih bisa dinikmati konsumen. Kalau ada potongan harga, itu menarik pengunjung dan hotel pun dapat tamu. Dua-duanya untung. Kalau sertifikat CHSE itu duitnya ke surveyor. Hotel tidak dapat untung, pengunjung juga,"tutur Sutrisno Iwantono, saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (28/7).

Program sertifikasi CHSE sudah dilakukan sejak tahun lalu. Sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Usaha pariwsisata yang memerlukan sertifikasi CHSE di antaranya usaha kawasan pariwisata, usaha jasa transportasi wisata, usaha hotel, homestay/pondok wisata, restoran, rumah makan, dan MICE (meetings, incentives, conferences and exhibitions).

Pelaksanaan sertifikasi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi yang menunjuk dan menugaskan tim auditor.
Sertifkasi CHSE rencananya akan dijadikan kewajiban bagi mereka yang bergerak di bidang pariwisata. Sertifikasi ini akan terhubung kepada Online Single Submission (OSS).

"CHSE tidak usah dipaksakan. Jadikan itu sebagai insentif saja. Misal, hotel yang sudah mendapatkan CHSE diberikan reward,"tuturnya.

Dia menambahkan proses sertifikasi CHSE sekarang memang digratiskan tetapi pengelola hotel tetap harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dalam proses pembuatan sertifikasinya.

Hotel, misalnya, harus mengeluarkan biaya untuk mengganti beberapa perlengkapan seperti tirai untuk memastikan mereka mendapatkan penilaian yang bagus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...