Imbas Krisis Cip Semikonduktor, Produksi Mobil Inggris Turun 27%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
1 Oktober 2021, 11:12
krisis cip semikonduktor, mobil, Inggris
ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Marc
Land Rover Defender, dengan teknologi berkekuatan prosesor Qualcomm, dipamerkan di stan Qualcomm saat berlangsungnya 2020 CES di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Selasa (7/1/2020). Produksi mobil Inggris turun 27% (YoY) pada Agustus tahun 2021.

Produksi mobil Inggris di bulan Agustus 2021 anjlok 27% secara tahunan (year on year). Penurunan produksi dipicu kelangkaan cip semikonduktor yang kini melanda dunia.

Dilansir dari The Guardian, Asosiasi Pabrikan dan Pengusaha Motor (SMMT) melaporkan bahwa jumlah mobil yang dirakit di pabrik-pabrik Inggris turun menjadi 37.200 unit pada Agustus tahun ini. Pada Agustus tahun 2020, produksi mobil berada di angka 51.000 unit.

Permintaan di Inggris dan sekitarnya memang pulih dengan cepat ketika ekonomi dibuka kembali. Namun, produsen otomotif di seluruh dunia tengah kesulitan untuk meningkatkan produksi mereka karena kelangkaan komponen cip semikonduktor.

Aston Martin,Bentley, Jaguar, Land Rover, Lotus, dan Rolls-Royce adalah beberapa produsen mobil terkemuka dari Inggris.

 Oleh karena itu, SMMT memperkirakan krisis komponen cip ini akan mengurangi produksi mobil di Inggris hingga 100.000 unit dari total produksi pada tahun 2021. Hal ini akan menjadi pukulan besar bagi industri  otomotif Inggris yang mampu memproduksi kurang dari satu juta mobil dalam 12 bulan terakhir.

Sejauh ini, produksi pada 2021 hanya 14% lebih tinggi dari 2020, ketika pabrik ditutup selama berbulan-bulan. Output turun 32% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

“Ini tentu sangat mengkhawatirkan, baik untuk industri maupun ribuan pekerja secara nasional.  Dampak dari kekurangan semikonduktor pada manufaktur tidak dapat dilebih-lebihkan. Pembuat mobil dan pemasok telah berjuang untuk menjaga produksi tetap berjalan dengan kendala yang diperkirakan akan berlanjut hingga 2022 dan mungkin seterusnya,” kata Kepala eksekutif SMMT Mike Hawes, dikutip dari The Guardian, Jumat (1/10).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...