Ada Elon Musk dan Ambani, Ini Orang Berharta Lebih Rp 1.430 Triliun

Ambani berada di urutan 11 dalam daftar the Bloomberg Billionaires Index setelah pundi-pundi hartanya bertambah sebanyak US$23,8 miliar pada tahun ini.
Image title
10 Oktober 2021, 11:52
Zuckerberg, Ambani, orang terkaya
Mukesh Ambani Official,Instagram
Mukesh Ambani dan konglomerat India mencatat peningkatan kekayaan selama pandemi corona.

Konglomerat India yang juga orang terkaya di Asia Mukesh Ambani masuk dalam daftar klub  elite  yang berisis 11 orang dengan kekayaan lebih dari US$100 miliar, atau Rp 1.430 triliun.

Ambani berada di urutan ke-11 dalam daftar the Bloomberg Billionaires Index. Pemilik Reliance Industries Ltd tersebut masuk ke 11 besar setelah pundi-pundi hartanya bertambah sebanyak US$23,8 miliar pada tahun ini. Juga, setelah saham perusahaanya melonjak pada Jumat, (8/10).

Harta pengusaha berusia 64 tahun tersebut kini diperkirakan mencapai US$100,6 miliar, atau Rp1.438 triliun (kurs Rp14.300/US$).

CEO Tesla dan pendiri SpaceX Elon Musk menduduki peringkat pertama dalam daftar the Bloomberg Billionaires Index dengan kekayaan mencapai US$222,1 miliar atau sekitar RP3.176 triliun.

Tesla baru saja mengumumkan akan memindahkan kantornya dari California ke Texas untuk semakin memperbesar kapasitas produksinya.

Pabrik mereka di Berlin, Jerman, juga akan memproduksi mobil pertama pada awal bulan depan. Pabrik di Berlin diperkirakan akan memprodksi mobil sekitar 5.000-10 ribu kendaraan per hari.

Di urutan kedua, ada pendiri, CEO, sekaligus pemilik saham terbesar Amazon, Jeff Bezos, dengan total kekayaan US$190,8 miliar atau Rp2.730 triliun.

Bezos melalui Bezos Expeditions baru saja menyuntik modal terhadap salah satu start-up Indonesia, Ula.

Bernard Arnault menjadi orang ketiga dalam daftar the Bloomberg Billionaires Index dengan kekayaan US$155,6 miliar atau Rp2.225 triliun. Arnault merupakan CEO LVMH Moët Hennessy - Louis Vuitton SE, perusahaan penjual produk dengan merk-merk mewah di dunia.

 the Bloomberg Billionaires Index
the Bloomberg Billionaires Index (Bloomberg)



Urutan ke empat ada Bill Gates dengan kekayaan mencapai US$127,9 miliar atau Rp1.829 triliun disusul dengan pendiri Google Larry Page dengan kakayaan mencapai US124,5 milair atau Rp1.780 triliun.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg ada di urutan ke enam dengan harta menembus US$123 milair atau Rp1.758 triliun.

Co-founder Google Sergey Mikhaylovich Brin menyusul dibelakangnya dengan kekayaan US$120,1 milair atau Rp1.717 triliun.

Larry Ellison yang merupakan CEO Oracle Corporation ada di nomor delapan dengan kekayaan menembus US$108,3 miliar atau Rp1.549 triliun. 

Di bawah Ellison terdapat mantan CEO Microsoft Steve Ballmer dengan harta mencapai US$105,7 miliar atau Rp1.512 triliun.

Urutan berikutnya diduduki Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway, dengan harta menembus US$103,4 miliar atau Rp1.478 triliun.

Ambani yang berada di bawah Buffett merupakan satu-satunya orang Asia dalam daftar tersebut. Pengusaha lulusan Standofrd University tersebut mewarisi perusahaan oil-refining dan petrochemicals dari almarhum ayahnya pada 2005.

Dia kemudian merambah bisnis ke sejumlah sektor mulai dari ritel, teknologi, e-commerce, hingga telekomunikasi
Tidak hanya berhenti di sana, Ambani berambisi masuk ke sektor energi hijau dengan menginvestasikan US$10 miliar selama tiga tahun.

Perusahaan Ambani, Reliance Retail Ventures, baru saja meluncurkan jaringan 7-Eleven di seluruh India. Jaringan ritel 7-Eleven membuka toko pertamanya di Mumbai, Sabtu (9/10).

Dengan keuntungan mencapai US$21 miliar, Reliance Retail Ventures, merupakan perusahan ritel dengan keuntungan terbesar di India.


News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait