Jokowi Dorong Kerja Sama Infrastruktur ASEAN-Jepang Terus Ditingkatkan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Oktober 2021, 11:12
ASEAN, Jepang, infrastruktur
Kementerian Luar Negeri
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-38 dan 39 secara virtual, Selasa (26/10)

Jepang merupakan mitra terbesar ASEAN dalam pembangunan infrastruktur. Kerja sama ASEAN-Jepang dalam mengembagkan infrastruktur pun diharapkan terus bisa ditingkatkan di masa yang akan datang.

Sebagai catatan,  setidaknya hingga saat ini, Jepang memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan dengan nilai mencapai US$ 259 miliar atau sekitar Rp 3.676 triliun di beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia.

 Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Jepang kemarin (27/10), Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong agar kerja sama dalam sektor infrastruktur tersebut terus dilanjutkan.

Sebagai informasi, KTT ASEAN-Jepang kali ini adalah KTT pertama yang dihadiri oleh PM Jepang yang baru, yaitu PM Fumio Kishida, yang baru menggantikan PM Yoshihide Suga pada 29 September 2021 lalu.

"Pada pertemuan, Bapak Presiden menyampaikan tentang pentingnya kerja sama konektivitas dan kerja sama infrastruktur sebagai fokus kerja sama ASEAN-Jepang," kata Retno dalam keterangan resminya, Rabu (27/10).

 Dalam pertemuan ASEAN-Jepang, Jokowi mengatakan bahwa infrastruktur berpotensi menggerakkan roda perekonomian kawasan serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Infrastruktur dan konektivitas juga merupakan salah satu prioritas kerja sama konkret di bawah ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

"Oleh karena itu pada tahun 2023, Indonesia berencana untuk menyelenggarakan Forum Infrastruktur Indo-Pasifik. Indonesia yakin bahwa Jepang akan mendukung penyelenggaraan Forum tersebut," kata Mantan Dubes RI untuk Norwegia tersebut.

Retno menyampaikan, ASEAN-Jepang memiliki pengalaman kerja sama yang cukup panjang dalam pembangunan infrastruktur.

Bahkan, Pemerintah Jepang telah lama terlibat dalam mendukung implementasi Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC).

 Sebagai informasi, Jepang merupakan salah satu investor terlama di Indonesia termasuk di bidang infrastruktur. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...