Kasus Covid-19 di 9 Provinsi Merangkak Naik, Termasuk Bali-Jawa Barat

Jawa Barat juga melaporkan kasus aktif terbanyak dalam sepekan, yaitu sebanyak 1.424 kasus.
Image title
4 November 2021, 20:29
Covid-19, Bali, Jawa Barat
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Warga bermain di Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). Pemerintah Kota Bandung kembali membuka sejumlah taman di masa PPKM level II dengan membatasi jam kunjungan hanya selama dua jam dan syarat wajib menunjukkan bukti vaksin serta kapasitas pengunjung hanya 25 %. Kasus Covid-19 ada dalam tren kenaikan.

 Kasus Covid-19 di Indonesia tengah melandai. Namun, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada sembilan provinsi yang mengalami tren kenaikan kasus virus corona.

Hal tersebut berdasarkan data pada 31 Oktober yang dibandingkan dengan tujuh hari sebelumnya. Adapun, tren kenaikan kasus tertinggi terjadi di Jawa Barat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kenaikan kasus mingguan tertinggi terjadi di Jawa Barat.

"Dari sembilan provinsi, penambahan kasus positif mingguan terbanyak dari Jawa Barat dengan 741 kasus baru," kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis (4/11).

Selain Jawa Barat, delapan provinsi lainnya yang mengalami tren kenaikan kasus selama sepekan ialah Lampung, Jawa Timur, Banten, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Advertisement

Meski meningkat, kasus Covid-19 di wilayah tersebut masih terkendali lantaran kecenderungan peningkatan rata-rata jumlah kasus positif rendah.

Adapun, Jawa Barat juga melaporkan kasus aktif terbanyak dalam sepekan, yaitu sebanyak 1.424 kasus.
Berdasarkan data Provinsi Jawa Barat, kabupaten/kota dengan jumlah kasus terbanyak pada Rabu (3/11) adalah Kota Bandung (69) disusul dengan Kota Depok (40), dan Kabupaten Bandung (14)

Kemudian, persentase kesembuhan paling rendah dalam sepekan terjadi di Lampung, yaitu 90,63%. Sementara, penambahan kematian tertinggi terjadi di Jawa Timur dengan jumlah 39 orang.

 Sedangkan, tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate/BOR) yang paling tinggi dibandingkan provinsi lain ialah Papua, yaitu 11,41%.

Dari sembilan provinsi itu, wilayah dengan cakupan vaksinasi dosis lengkap paling rendah ialah Maluku Utara, sebanyak 17,5%.

Wiku pun meminta seluruh pemerintah daerah untuk tidak lengah di tengah kondisi Covid-19 yang terkendali.  Terlebih, Indonesia akan memasuki periode Natal dan Tahun Baru.

Sebagai catatan, kasus Indonesia selalu naik setelah adanya libur panjang, termasuk Liburan Hari Raya Idul Fitri yang menyebabkan Gelombang II.

"Kondisi kasus harus dipertahankan tetap rendah dan terkendali," ujar dia.

Sebagai informasi, penyebaran Covid-19 di Indonesia  menunjukkan tren penurunan.

Tidak hanya dalam jumlah kasus positif, angka kematian pasien corona RI pada hari ini, Kamis (4/11), juga turun jauh dibandingkan kemarin, Rabu (3/11).

Kementerian Kesehatan melaporkan kasus Covid-19 RI hari ini bertambah 628 orang. Jumlah kasus harian itu menurun 21,6% dibandingkan hari sebelumnya (801 kasus).

 Dengan demikian, rasio positif harian yang dicatat pada hari ini, Kamis (4/11), adalah 0,34%.

Sementara itu, angka kematian yang dilaporkan pada hari ini, Kamis (4/11), adalah sebanyak 19 jiwa, atau terendah dalam tiga hari terakhir. Pada Rabu kemarin, angka kematian menembus 24 jiwa.  

Kementerian Kesehatan mencatat, terdapat 23 provinsi yang mencatatkan nol kematian pada hari ini. Beberapa di antaranya adalah Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Kepulauan Riau.

Sedangkan,  kasus sembuh yang dilaporkan pada hari ini sebanyak 837 sehingga total kasus sembuh mencapai 4.091.938.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait