Bandara Tunggul Wulung Cilacap Segera Aktif, Layani Rute ke Jakarta

Cahya Puteri Abdi Rabbi
26 November 2021, 08:45
bandara, perhubungan, transportasi
hubud.dephub.go.id
Bandar Udara Tunggul Wulung di Cilacap, Jawa Tengah

Pemerintah akan mengaktifkan kembali penerbangan dari dan ke Bandar Udara (Bandara) Tunggul Wulung yang terletak di Kecamatan Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau tiga simpul transportasi di Cilacap, yakni Bandara Tunggul Wulung, Terminal Tipe A Mbangun Desa, dan Pelabuhan Tanjung Intan.

"Dengan kerja sama yang baik antara Pemda dan stakeholder penerbangan, tidak lama lagi akan ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Cilacap dan Semarang ke Cilacap, menggunakan pesawat baling-baling (ATR) yang dapat memangkas waktu perjalanan,” kata Budi dalam keterangan resminya, Kamis (24/11).

Penerbangan dari dan menuju Bandara Wulung ini akan memberdayakan pesawat dari Cilacap ke Semarang dan Jakarta. Dengan infrastruktur baru ini, waktu perjalanan bisa dipangkas dari delapan jam menjadi hanya satu jam.

Sebagai informasi, Bandara Tunggul Wulung dibangun oleh Pertamina pada tahun 1974. Lalu, diserahterimakan pada tahun 1989 dan resmi dikelola Departemen Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Saat ini, bandara memiliki landasan pacu sepanjang 140 meter x 30 meter dan luas terminal 777 meter persegi.

Juga, terdapat dua sekolah penerbangan yang beroperasi di bandara ini, yaitu Genesha Flight Academy dan Perkasa Flying School. Dua sekolah tersebut dilengkapi fasilitas yang sudah dapat melayani night flight (terbang malam), yang menjadi kurikulum sekolah penerbangan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...