Kota-kota di Cina Berlomba Tambah Cuti Melahirkan, di Beijing 158 Hari

Image title
Oleh Maesaroh
27 November 2021, 19:04
Cina, cuti melahirkan
Pexels
Ilustrasi ibu dan anak yang berjalan di Tembok Cina

Pemerintah di sejumlah kota di Cina memutuskan untuk memperpanjang masa cuti hamil dan melahirkan sebanyak 30-60 hari. Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan angka kelahiran di Negara Tirai Bambu yang semakin menurun.

Kebijakan ini juga diberlakukan untuk mendukung pelonggaran jumlah anggota keluarga di Cina.
Pada awal tahun ini, Cina mengizinkan warganya untuk memiliki anak sampai tiga, sebagai antisipasi meningkatnya angkatan kerja yang semakin menua.

Advertisement

Di sisi lain, jumlah kelahiran makin menurun. Tahun lalu, angka kelahiran di Cina dilaporkan berada di level 8,52 per 1.000 orang. Level ini adalah yang terendah sejak 1978.

Peraturan Cina menetapkan jumlah cuti melahirkan sebanyak 98 hari dengan rincian 15 hari sebelum melahirkan dan 83 hari pasca melahirkan.

 Namun, beberapa kota telah mengizinkan wanita untuk mengambil cuti melahirkan jauh di atas aturan nasional.

Beberapa kota sebelum ini sudah mengizinkan cuti melahirkan sebanyak 128 hari.  Di antaranya adalah Beijing, Shanghai, Jiangsu, Zhejiang, Hubei, Chongqing, dan Tianjin.

Sementara itu,  Hebei, Shanxi, Inner Mongolia, Liaoning, Jilin, Anhui, Jiangxi, Shandong, Hunan, Sichuan, Guizhou, Yunnan, Qinghai, Ningxia, Shaanxi, and Xinjiang sudah mengizinkan cuti selama 158 hari

Dilansir dari ChannelnewsAsia, pada Jumat (26/11), pemerintah kota Beijing mengumumkan akan menambah cuti hamil dan melahirkan sebanyak 30 hari.

Dengan demikian, wanita yang bekerja di kota tersebut bisa mengambil cuti hamil dan melahirkan sampai 158 hari atau hampir enam bulan. Mereka akan dibayar penuh selama cuti.

Cuti dengan bayaran penuh bisa diperpanjang jika sang ibu mengalami kesulitan atau komplikasi saat melahirkan.

 Kebijakan serupa sudah diberikan pemerintah Shanghai pada awal tahun ini.

Shanghai memberikan tambahan cuti  selama 30 hari bagi wanita pekerja akan melahirkan. 
Baik ayah dan ibu juga bisa menikmati cuti tambahan bernama cuti merawat anak selama lima hari  per tahun sampai anak mereka berusia tiga tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement