Omicron Berkembang 70 Kali Lebih Cepat dari Delta di Jaringan Bronkus

Image title
Oleh Maesaroh
16 Desember 2021, 12:54
omicron, covid-19
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ara Wiraswara (39), seorang ASN, menunjukkan hasil rontgen paru-paru miliknya di Bogor. Dari pengalaman Ara selama menjalani isolasi di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, dukungan moral sangat dibutuhkan oleh pasien.\

Studi yang dilakukan Universitas Hong Kong menunjukan virus Covid-19 varian Omicron mampu berkembangbiak 70 kali lebih cepat dibandingkan Delta di dalam jaringan bronkus.

Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang terletak setelah tenggorokan dan sebelum paru-paru.

Advertisement

Fungsi bronkus sangat penting karena selain membawa udara dari tenggorkan ke paru-paru, bagian tubuh tersebut juga dilapisi sel berbulu dan berlendir yang bisa mencegah masuknya penyakit ke paru-paru.

Hasil studi tersebut diharapkan bisa menjelaskan mengapa varian Omicron memiliki kemampuan penyebaran yang sangat cepat.

 Dikuti dari the Guardian, studi tersebut juga menunjukan bahwa kemampuan berkembangbiak Omicron menjadi 10 kali lebih lambat di jaringan paru-paru.

Penemuan ini bisa menjadi penjelasan mengapa pasien Omicron hanya menunjukan gejala yang lebih ringan dibandingkan Delta.

 

Michael Chan Chi-wai yang memimpin penelitian hasil stud tersebut tetap harus disikapi hati-hati. Pasalnya, penyebab ringan dan beratnya gejala Covid-19 juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement