Indonesia Kembali Terima 482 Ribu Dosis AstraZeneca dari COVAX

Tambahan vaksin AstraZeneca dari fasilitas COVAX diharapkan bisa semakin mempercepat program vaksinasi.
Image title
20 Desember 2021, 20:09
 AstraZeneca, vaksin, vaksin corona
Kominfo
Kedatangan vaksin AstraZeneca di Bandara Soekarno Hatta, Senin (20/12)

Indonesia kembali menerima donasi  482.000 vaksin corona AstraZeneca, pada hari ini, Senin (20/12), dari fasilitas COVAX. 

"Lancarnya kedatangan vaksin, membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi jadi lebih optimal," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong, dalam siaran pers, Senin (20/12/2021).

Usman menambahkan vaksin yang baru datang tersebut akan langsung secepatnya didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu dilakukan  agar program penyuntikan vaksin berjalan lancar dan lebih cepat.

Advertisement

 Selain menjamin ketersediaan stok vaksin dan upaya percepatan vaksinasi, pemerintah juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi yang masih ragu dan enggan untuk divaksinasi.

Dia menegaskan, vaksinasi menjadi pelindung terhadap ancaman virus Covid-19 yang terus bermutasi.

Vaksinasi tidak hanya menjadi salah satu kunci untuk melindungi diri dan bangsa dari ancaman Covid-19 tetapi juga tercapainya herd immunity.

"Program vaksinasi sudah berlangsung hampir setahun, dan kita telah berada di jalur yang tepat dengan terus mengamankan stok vaksin untuk kebutuhan penduduk Indonesia," tuturnya.

Usman meminta masyarakat untuk segera lakukan vaksinasi, supaya terlindungi dan mengurangi risiko sakit berat jika terpapar Covid-19.

 Dia mengatakan masih terdapat fenomena masyarakat yang menunda vaksinasi karena pilih-pilih merek, hal itu menyebabkan upaya percepatan vaksinasi menjadi terkendala.

Saat ini ada sebelas jenis vaksin Covid-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih merek vaksin, karena semua merek vaksin yang disediakan pemerintah sama aman dan berkhasiatnya.

"Jangan ambil risiko dengan menganggap pandami telah berakhir. Di samping tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan," katanya.

 Sebagai informasi, pada 12 Desember lalu, Indonesia juga menerima donasi vaksin virus corona dari fasilitas COVAX yakni AstraZeneca dan Pfizer.

Jumlah vaksin AstraZeneca yang diterima Indonesia sebanyak 1.749.600 dosis. Vaksin diterima pada Sabtu malam (11/12) Sementara itu, vaksin Pfizer yang diterima Indonesia mencapai  1.766.700 dan diterima pada hari ini, Minggu (12/12).

COVAX merupakan program penyaluran vaksin aksin untuk negara-negara miskin yang diinisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Fasilitas bersama itu merupakan gagasan dari GAVI  (The Global Alliance for Vaccines and Immunisation) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

COVAX menargetkan dapat mendistribusikan 950 juta dosis vaksin Covid di 2021. Dengan tambahan yang diterima hari ini berarti Indonesia telah menerima donasi vaksin lebih dari 48 juta dosis dari fasilitas COVAX.



News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait