Profil Negara Anggota G20 Beserta Gambaran Perekonomiannya

Image title
21 Desember 2021, 07:00
Para anggota G20 berkumpul untuk sesi foto resmi pada hari pertama KTT G20 di pusat konvensi La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Ludovic Marin.
ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Ludovic Marin.
Para pemimpin dunia berkumpul untuk sesi foto resmi pada hari pertama KTT G20 di pusat konvensi La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).

Group of Twenty atau G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

Indonesia resmi memegang presidensi G20 selama setahun penuh, dimulai dari 1 Desember 2021 hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada bulan November 2022. Sebelumnya, Italia sebagai presidensi G20 2021 telah melakukan serah terima kepada Indonesia secara langsung pada 31 Oktober 2021 di Roma, Italia.

Advertisement

Setiap tahun, para anggota G20 bergilir untuk menjadi tuan rumah atau presidensi. Topik yang dibahas dalam forum G20 meliputi kebijakan global tentang perdagangan, kesehatan, iklim, dan isu-isu lainnya.

G20 dibentuk pada 1999, setelah krisis keuangan Asia. Tujuannya menyatukan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 20 negara dengan ekonomi mapan dan berkembang terbesar di dunia.

Profil Negara Anggota G20

Selengkapnya, berikut daftar negara anggota G20 beserta penjelasan perekonomiannya.

1. Argentina

Argentina adalah sebuah negara dengan ibu kota Buenos Aires yang terletak di Amerika. Menurut National Geographic, Argentina merupakan negara terbesar kedelapan di dunia. Argentina berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Chili di sebelah barat.

Perekonomian Argentina bergantung pada jasa dan manufaktur, meskipun agribisnis dan peternakan mendominasi mulai abad ke-19 dan ke-20. Berdasarkan data Bank Dunia, produk domestik bruto (PDB) di Argentina bernilai US$ 383,07 miliar pada 2020, menjadikannya salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin.

Industri utama di Argentina adalah pengolahan makanan, produksi mobil, tekstil, produksi energi, dan pertambangan. Negara ini juga memiliki industri kimia yang berkembang. Menurut data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), ekonomi Argentina diproyeksikan tumbuh sebesar 2,5 % pada tahun 2022 dan 2,3% pada tahun 2023.

Pada tahun 2018, Argentina berkesempatan menjadi tuan rumah forum G20. Presidensi Argentina ini mengangkat tema “Building Consensus for Fair and Sustainable Development” dengan tiga agenda utama, yaitu pemikiran atas masa depan dunia, infrastruktur untuk pembangunan, dan masa depan kesinambungan pangan.

2. Australia

Australia terletak di Benua Australia dengan ibu kota Canberra. Meskipun kaya akan sumber daya alam dan memiliki banyak tanah subur, lebih dari sepertiga wilayah Australia terdiri dari gurun, menurut National Geographic.

Mengutip Australiance, industri utama Australia meliputi keuangan, konsultasi bisnis, logam dan pertambangan, energi dan utilitas, dan Kesehatan. PDB di Australia diperkirakan akan mencapai US$ 1,331 triliun pada tahun 2020, menurut data Bank Dunia.

Industri mineral menghasilkan lebih dari setengah total ekspor Australia dan menghasilkan sekitar 8 % dari PDB. Berdasarkan data Geoscience Australia, sekitar 60 % dari sumber daya emas Australia terletak di Australia Barat.

Pada tanggal 15-16 November 2014, G20 diadakan di Brisbane, ibu kota Queensland, Australia. Hasil kesepakatan mencakup banyak bidang, terutama ekonomi.

3. Brasil

Brasil adalah sebuah negara dengan ibu kota Brasilia yang terletak di Amerika Selatan. Menurut National Geographic, Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan dan negara terbesar kelima di dunia.

Menurut perkiraan Dana Moneter Internasional (IMF), PDB Brasil pada tahun 2020 adalah US$ 1,363 triliun. Perekonomian Brasil didominasi sektor pertambangan, pertanian, dan manufaktur.

Produk pertanian adalah ekspor utama Brasil. Negara ini merupakan salah satu produsen kedelai, kopi, kakao, gula, jagung, singkong, jeruk, pisang, nanas, tembakau, dan kapas. Sektor pertanian menghasilkan sekitar 25 % dari PDB Brasil.

4. Kanada

Kanada adalah sebuah negara dengan ibu kota Ottawa dan terletak di Amerika Utara. Dari timur ke barat, Kanda membentang hampir 7.560 kilometer dan melintasi enam zona waktu. Kanda adalah negara terbesar kedua di dunia.

Berdasarkan data Bank Dunia, PDB Kanada bernilai US$ 1,643 triliun pada 2020. Industri utama adalah bidang jasa, manufaktur, dan sektor sumber daya alam. Menurut data Observatory of Economic Complexity (OEC), ekspor teratas Kanada adalah minyak mentah, mobil, emas, dan suku cadang kendaraan.

KTT G20 diselenggarakan di Toronto, Kanada pada 26 - 27 Juni 2010. Topik yang dibahas termasuk mengevaluasi kemajuan reformasi keuangan, mengembangkan langkah-langkah stimulus berkelanjutan, memperdebatkan pajak bank global, dan mempromosikan pasar terbuka.

Mengutip The Guardian, ribuan pengunjuk rasa memprotes penyelenggaraan KTT G20 saat itu. Beberapa tuntutan pengunjuk rasa meliputi anti-globalisasi, anti-kemiskinan, dan pro-lingkungan.

5. Cina

Cina memiliki ibu kota Beijing dan terletak di Asia Timur. Cina adalah negara besar dengan kondisi alam yang sangat beragam. Wilayahnya meliputi pegunungan, dataran tinggi, gurun pasir, dan hutan lebat.

Berdasarkan data Bank Dunia, PDB China bernilai US$14,72 triliun pada tahun 2020. Manufaktur, jasa, dan pertanian adalah sektor terbesar dari perekonomian Cina. Sektor jasa berkontribusi sebesar hampir 50% dari PDB. Sektor ini mencakup perdagangan, ritel, pos, dan banyak industri lainnya.

Industri utama termasuk pertambangan dan pengolahan bijih, besi dan baja, aluminium, batu bara, mesin, persenjataan, tekstil dan pakaian jadi, minyak bumi, semen, bahan kimia, pupuk, pengolahan makanan, mobil dan peralatan transportasi lainnya.

Pada 4-5 September 2016, pertemuan G20 diselenggarakan di Kota Hangzhou, Cina. Fokus pertemuan berupa memperkuat agenda pertumbuhan G20, mencapai konsep dan kebijakan pertumbuhan yang inovatif, membangun ekonomi dunia terbuka, dan memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi menguntungkan semua negara dan masyarakat.

6. Uni Eropa

European Union (EU) atau Uni Eropa adalah organisasi internasional yang terdiri dari 27 negara Eropa. Organisasi ini mengatur kebijakan ekonomi, sosial, dan keamanan bersama. Menurut situs resminya, Uni Eropa diatur oleh prinsip demokrasi perwakilan.

Hal ini memungkinkan sebagian besar barang, jasa, uang dan orang untuk bergerak bebas. Uni Eropa bertujuan untuk mengembangkan sumber daya ke bidang lain seperti energi, pengetahuan, dan pasar modal untuk memastikan bahwa orang Eropa dapat memperoleh manfaat maksimal darinya.

Perwakilan Uni Eropa dalam KTT G20 adalah Presiden Komisi Eropa dan Presiden Dewan Eropa. Menurut situs resmi, Uni Eropa mewakili 18,5% dari total produk domestik bruto global. 

7. Jerman

Jerman adalah sebuah negara di Eropa dengan ibu kota Berlin. Negara ini berbatasan dengan Denmark, Polandia, Ceko, Austria, Swiss, Prancis, Luksemburg, Belgia, Belanda, Laut Utara, dan Laut Baltik.

Berdasarkan data Bank Dunia, PDB Jerman bernilai US$ 3,806 triliun pada tahun 2020. Industri utama Jerman meliputi pembuatan mesin, mobil, teknik listrik dan elektronik, bahan kimia, dan pengolahan makanan.

KTT G20 di bawah Presidensi Jerman diadakan pada 7 dan 8 Juli 2017 di Hamburg. Hasil pembahasan berupa berbagi manfaat globalisasi, membangun ketahanan, meningkatkan penghidupan yang berkelanjutan, dan memikul tanggung jawab.

8. Prancis

Prancis adalah negara republik semi-presidensial kesatuan dengan ibukota di Paris. Bagian timur laut berbatasan dengan Belgia dan Luksemburg, di timur berbatasan dengan Jerman, Swiss, dan Italia, di selatan dengan Laut Mediterania, Spanyol, dan Andorra, di barat dengan Teluk Biscay, dan di barat laut dengan Selat Inggris.

Berdasarkan data Bank Dunia, PDB Perancis bernilai US$2,603 triliun pada tahun 2020. Perekonomian Prancis didominasi oleh pariwisata, manufaktur, dan farmasi. Menurut data OEC, ekspor utama Prancis adalah pesawat, helikopter, dan/atau pesawat ruang angkasa, obat-obatan dalam kemasan, mobil, turbin gas, dan suku cadang kendaraan.

Pada tanggal 3-4 November 2011, pertemuan G20 diadakan di Kota Cannes, Prancis. Beberapa topik yang dibahas meliputi, mereformasi Sistem Moneter Internasional, memperkuat regulasi keuangan, menemukan solusi kolektif, mendukung lapangan kerja, dan memperkuat dimensi sosial globalisasi.

9. India

India merupakan negara yang terletak di Asia dengan ibu kota New Delhi. India berbatasan dengan beberapa negara, yaitu Cina, Bhutan, Nepal, Pakistan, Bangladesh, dan Myanmar. Bangladesh dan Pakistan berbagi perbatasan darat dan laut, sementara Sri Lanka hanya berbagi perbatasan laut.

Berdasarkan data Bank Dunia, PDB India bernilai US$ 2,623 triliun pada tahun 2020. Menurut situs resmi Pemerintah India, salah satu sektor terpenting dalam perekonomian India adalah pertanian. Sektor ini merupakan sumber mata pencaharian utama bagi sekitar 58% penduduk India.

Menurut data OEC, ekspor utama India adalah minyak bumi, berlian, obat-obatan dalam kemasan, perhiasan, dan mobil.

10. Indonesia

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dan memiliki ibu kota Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di pulau Kalimantan, Papua Nugini di pulau Papua, dan Timor Leste di pulau Timor. Negara tetangga lainnya termasuk Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah Kepulauan Andaman dan Nicobar di India.

Berdasarkan data Bank Dunia, PDB Indonesia bernilai US$ 1,058 triliun pada tahun 2020. Sektor industri utama mencakup minyak bumi dan gas alam, tekstil dan pakaian jadi, pertambangan, alas kaki, kayu lapis, karet dan pupuk kimia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement