Akan Dipamerkan ke Tamu G20, Hutan Mangrove Bali Dipoles Bahan Alami

Andi M. Arief
31 Januari 2022, 11:53
G20, KatadataG20, KTT G20, G20 Bali, Mangrove
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong (keempat kanan) dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo (ketiga kiri) memotret suasana hutan bakau dalam aksi bersih sampah di kawasan Mangrove Conservation Forest Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (29/1/2022).

Untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai menata Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai, Bali. Penataan akan memaksimalkan penggunaan bahan alami.

Penataan sudah dimulai sejak Januari dan ditargetkan selesai September 2022 sehingga pada Oktober 2022 bisa digunakan sebagai showcase mangrove kepada para tamu G20.
Sebagai informasi, acara puncak KTT G20 akan digelar di Bali pada November mendatang.

Advertisement

"Agar tidak merusak mangrove, Kementerian PUPR akan mengoptimalkan penggunaan material bambu, kayu dan unsur alami lainnya serta mengurangi penggunaan bahan beton," kataWakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo menghadiri acara Aksi Bersih Mangrove di Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai, Denpasar, Bali yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), akhir pekan lalu.

 Lingkup pekerjaan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai antara lain pembangunan gerbang masuk, area drop off, wantilan, tracking mangrove, dan area persemaian.

Juga, area penerima (lobby, ticketing, kantor penerima), menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, dan area parkir di sekitar Waduk Muara. 

Wakil Menteri LHK Alue Dohong menjelaskan mangrove merupakan ekosistem yang berfungsi sebagai habitat beberapa spesies hewan laut dan burung serta dapat mencegah erosi dan abrasi pantai. Adanya polusi sampah dapat menyebabkan kerusakan ekosistem mangrove.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement